Pemanfaatan Ecobrick Batang Dapat Apresiasi Global

by
TRAINING - TP PKK menggelar TOT Ecobrick bagi perwakilan 15 kecamatan se Kabupaten Batang. Kegiatan ini juga sebagai respon atas dinobatkannya Batang dalam peringkat dua dunia soal pemanfaatan ecobrick.

*Duduki Peringkat Dua Dunia

BATANG – Ikhtiar Tim Penggerak PKK dan para pegiat lingkungan di Kabupaten Batang dalam menggeliatkan pemanfaatan sampah plastik untuk kemanfaatan manusia atau lazim dikenal dengan ecobrick, ternyata tak sepi apresiasi. Tak tanggung-tanggung, Batang bahkan dinobatkan dalam peringkat dua dunia soal pemanfaatan ecobrick ini.

Peringkat tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari www.gobrick.com, sebuah aplikasi yang diinisiasi oleh Global Ecobrick Alliance (GEA), yang mengubah sampah plastik menjadi bangunan yang dapat digunakan kembali.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batang menyambut baik apresiasi tersebut. Sebagai salah satu respon positif, mereka bahkan menggelar Training of Trainers (TOT) Ecobrick, bagi perwakilan dari 15 kecamatan.

Ketua TP PKK Batang, Uni Kuslantasi Wihaji mengatakan, training ini sebagai sebuah upaya membangun kesadaran masyarakat untuk meminimalkan penggunaan plastik agar tidak menjadi sampah.

“Ecobrick sendiri adalah solusi akhir dalam menangani sampah plastik. Solusi utamanya adalah penyadaran tiap individu, maka kami mengundang GEA untuk memberikan pemahaman dalam meminimalkan sampah plastik,” terangnya, usai menutup kegiatan TOT Ecobrick, di Pendopo Pemkab Batang, Minggu (15/5/2022).

Uni menjelaskan, sejak 2021 lalu, nama Kabupaten Batang melejit karena respon anggota TP PKK di tingkat kecamatan yang selalu mengekspos hasil ecobrick yang telah diubah menjadi benda-benda bermanfaat bagi masyarakat ke aplikasi www.gobrick.com.