Angka Lakalantas Menurun Selama Operasi Ketupat Candi 2022

by
AKP Aliet Alphard Kasatlantas Polres Pekalongan Kota

KOTA – Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) selama Operasi Ketupat Candi (OKC) 2022 pada 28 April sampai 9 Mei dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik lebaran 2022, mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Demikian disampaikan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi melalui Kasatlantas AKP Aliet Alphard, ketika ditemui di kantornya, Kamis (12/5/2022. “Alhamdulillah kecelakaan lalu lintas cuma satu, di exit tol Setono, itupun luka ringan. OKC kemarin termasuk berhasil karena ada penurunan lakalantas yang signifikan,” kata Kasatlantas.

AKP Aliet menuturkan pula selama arus mudik dan balik di Kota Pekalongan tahun 2022 arus lalu lintas ramai lancar tidak sampai terjadi kemacetan. Kebetulan wilayah Kota Pekalongan juga tidak ada tol. Hanya jalur oantura sepanjang 6,9 kilometer.

Ditanya tentang evaluasi pelaksanaan OKC 2022, menurut Kasatlantas bahwa memang Kota Pekalongan tidak memiliki jalur lingkar, yang mana jalur lingkar tersebut diprioritaskan untuk kendaraan-kendaraan berat. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkot Pekalongan tentang kondisi tersebut, dan disampaikan dari Pemkot Pekalongan sebenarnya sudah ada wacana untuk pembangunan jalan lingkar.

“Karena pantura kita sendiri banyak persimpangan rel kereta jadi blankspotnya di rel kereta tersebut. Jalan juga kurang memadai, dan kendaraan berat memang pelan karena takutnya as patah dan sebagainya ketika melintas di rel kereta tersebut.

Selain itu selama OKC kemarin intensitas kereta api juga naik, yang biasanya sekitar 25 menit sekali baru kereta melintas dan palang kereta menutup. Karena kemarin yang arus mudik maupun balik dan kereta banyak, jadi kemarin itu 15 menit sekali ada kereta melintas dan palang kereta menutup. Tapi alhamdulillah tidak sampai terjadi penumpukan arus lalu lintas,” imbuh AKP Aliet Alphard. (way)