Duh, 28.800 Orang Masih Menganggur

by
PELATIHAN - Disnaker Batang membuka pelatihan berbasis kompetensi di Aula Disnaker Kabupaten Batang, Kamis (12/5/2022).

*Disnaker Batang Genjot Pelatihan Kompetensi

BATANG – Sepanjang 2021 lalu, angka pengangguran di Labupaten Batang tercatat sebanyak 6,68 persen atau sekitar 28.800 orang. Guna meminimalisir angka tersebut, Disnaker Batang gencar mengadakan pelatihan berbasis kompetensi.

“Data pengangguran di Kabupaten Batang sekitar 6,68%, kalau dijumlahkan ada 28.800 orang yang masih menganggur pada tahun ini. Sehingga untuk mengurangi kesenjangan skill ini, Disnaker Batang akan meningkatkan dengan menggelar pelatihan berbasis kompetensi tahap kedua,” jelas Kepala Disnaker Batang, Suprapto saat diwawancarai usai membuka pelatihan di Aula Disnaker Kabupaten Batang, Kamis (12/5/2022).

Dikatakannya, permasalahan kesulitan mencari pekerjaan karena banyaknya pengangguran di Batang yang tidak memiliki kompetensi sesuai keinginan industri. Banyak warga hanya mengandalkan tamatan pendidikan formal saja, sedangkan keterampilan atau skill sangat kurang.

“Tujuannya pelatihan ini, untuk mengurangi kesenjangan keterampilan atau skill yang dipunyai para pencari kerja di Kabupaten Batang. Mereka tidak harus semuanya bekerja di perusahaan semua. Malahan lebih bagus untuk berwirausaha sendiri karena peluangnya masih sangat luas sekali,” imbuhnya.

Ditambahkan, pada pelatihan berbasis kompetensi tahap pertama sudah ada 10 orang yang masuk di Perusahaan Sukorintex dan sisanya 6 orang membuka wirausaha jahit sendiri.