Posko Aduan THR Dinperinaker Nihil Laporan

oleh -
Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso

KOTA – Selama beroperasi pada 21 April-9 Mei 2022, Posko Pengaduan THR Idulfitri 2022 Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinaker) Kota Pekalongan tidak menerima aduan para pekerja atau buruh yang tidak diberi Tunjangan Hari Raya (THR) tepat waktu maupun jumlah THR yang diterima tidak sesuai ketentuan.

Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso mengungkapkan bahwa posko pengaduan THR Dinperinaker Kota Pekalongan selama disiagakan mulai sebelum libur lebaran sampai masuk aktif kembali berangkat kerja, pihaknya tidak menerima laporan aduan terkait pembayaran THR (nihil laporan). “Sejak posko pengaduan THR kita buka dan ditutup, kita tidak ada menerima laporan aduan,” jelasnya.

Sri Budi mengakui, memang sempat ada laporan masuk secara online. Namun setelah tim dari petugas Dinperinaker melakukan klarifikasi data ternyata laporan tersebut berasal dari warga Kota Pekalongan namun tempat perusahaan ia bekerja berada di Kabupaten Pekalongan. Sehingga menjadi kewenangan Dinperinaker Kabupaten Pekalongan. Pihaknya bersyukur dengan tidak adanya laporan aduan THR ini menunjukkan bahwa di Kota Pekalongan iklim ketenagakerjaan dan pembangunan ekonomi tahun ini berjalan dengan kondusif.

“Ini kaitannya dengan pelaksanaan sehari menjelang Lebaran kemarin atau bertepatan dengan May Day atau Hari Buruh pada 1 Mei lalu juga kami berencana melaksanakan rangkaian May Day. Namun masih kami koordinasikan dengan Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit baik dari kalangan Serikat Pekerja maupun perusahaan,” pungkasnya.(nul)