Viral Aksi Buang Sampah Sembarangan, Wali Kota Minta Warga Miliki Kesadaran

by
KONFIRMASI - Wali Kota HA Afzan Arslan Djunaid SE memberikan tanggapan mengenai aksi buang sampah sembarangan di depan pinggir jalan, tepatnya di Gang 4 Kelurahan Banyurip.

KOTA – Aksi buang sampah di pinggir jalan, tepatnya di depan Gang 4 Kelurahan Banyurip, Kecamatan Pekalongan Selatan menjadi viral, setelah divideokan dan tersebar di dunia maya. Akibat praktik itu, sampah yang dibuang sembarangan di lokasi tersebut menumpuk hingga menjadi gunungan. Padahal di wilayah Banyuurip tersebut sudah disediakan TPA/TPS oleh Pemkot Pekalongan.

Menanggapi peristiwa tersebut, Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE mengaku setuju dengan diviralkannya video itu. Sebab bisa menjadi pembelajaran warga yang tetap membandel membuang sampah sembarangan.

“Saya setuju, ayo viralkan biar masyarakat kapok. Saya berkali-kali mengatakan, masalah sampah di Kota Pekalongan, sebesar apapun anggaran untuk sampah dari Pemkot Pekalongan, sebaik apapun program itu, kalau tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat, kita tidak akan maksimal dan berarti,” ucap Aaf, sapaan akrabnya saat dikonfirmasi, kemarin.

Menurutnya, masyarakat Kota Pekalongan masih ada yang belum sadar akan masalah sampah. Namun, justru masyarakat banyak yang menyalahkan pemerintah. “Kita lihat sendiri, masih banyak masyarakat yang menyalahkan pemerintah, tetap menyalahkan petugas penyapu jalan, tetap menyalahkan petugas pengangkut sampah,” ujarnya.

Sebetulnya agar semua penataan sampah terlihat rapi, lanjut Wali Kota, sejatinya harus dimulai dari diri sendiri. Misalnya saja dikelola dari rumah tangga, agar lebih enak dipandang dan tertata. “Dalam sehari di Tempat Pembungan Akhir (TPA) Degayu, per hari rata-rata menerima 120-150 ton sampah. Harusnya diolah dari rumah tangga, kalau dari rumah tangga seperti itu, membuang sampah sembarangan, masih belum sadar kebersihan lingkungan, masih seperti itu susah. Tapi, kami masih memaksimalkan kerja itu untuk mengurangi sampah di Kota Pekalongan,” tambahnya.