Lebaran 2022, Pembayaran THR Membaik

by
Siti Masruroh

KAJEN – Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) oleh perusahaan ke pekerja pada Lebaran 2022 ini lebih baik dibanding tahun 2021. Jika tahun lalu banyak perusahaan nyicil bayar THR-nya, tahun ini pembayaran THR lebih baik.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan Siti Masruroh, kemarin, menyampaikan, jumlah perusahaan yang terdaftar di perizinan itu ada 506. Pihaknya melakukan pantauan 10 persen dari jumlah perusahaan itu.

“Jadi ada sekitar 51 perusahan yang kami pantau. Mereka itu yang kami kategorikan rawan terjadi permasalahan. Kalau yang tidak masuk pantauan, sudah kami verifikasi sudah aman. Nah dari 51 itu ternyata 48 di antaranya semua bisa mencairkan THR sesuai Permenaker,” terang dia.

Hanya ada tiga perusahaan yang cukup bermasalah. Yang satu perusahaan, kata dia, sebenarnya sudah sesuai Permenaker. Namun karena kebiasaan perusahaan itu memberikan THR ditambah 30 persen, dan kali ini tidak ada. “Buruh minta kebiasaan itu ada,” ungkapnya.

Selanjutnya, ada dua perusahaan lain yang pembayarannya akan nyicil atau tidak dibayarkan sebelum Lebaran.

Ketua DPC SPN Kabupaten Pekalongan, Ali Sholeh, mengatakan, hingga kemarin, pekerja PT Dupantex belum menerima THR. Namun sudah ada kesepakatan, THR akan dibayarkan tanggal 25 Mei ditambah denda 5 persen. “Itu sudah kesepakatan bersama,” katanya.