Belum Sebulan, Volume Sampah Tembus 5.000 Ton

by
BERSIHKAN - Petugas DLH Kabupaten Batang saat membersihkan tumpukan sampah di sekitar TPS yang ada di Terban Warungasem.

*Dampak Peningkatan Saat Lebaran

BATANG – Kabupaten Batang ikut merasakan dampak kenaikan volume sampah saat lebaran lalu. Terbukti, meski belum genap sebulan, volume sampah saat ini sudah menembus 5.000 ton di TPA. Padahal rata-rata volume sampah bulanan hanya berkisar 2-3 ribu ton.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang, A Handy Hakim saat diwawancarai Radar, Kamis (12/5/2022). Dikatakannya, untuk menjaga kebersihan selama lebaran pun pihaknya mempekerjakan tambahan sekitar 30 tenaga lepas.

“Petugas kami di lapangan itu bekerja full, lembur dari malam lebaran hingga tengah malam bahkan ada yang hingga subuh, agar pelaksanaan salat Idul fitri juga sudah bersih. Namun saat lebaran hingga pascanya sampah dari masyarakat semakin meningkat,” jelas Handy.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menurunkan alat berat untuk menanggulangi penumpukan sampah di beberapa titik. Bahkan di hampir setiap TPS bisa dikerahkan sembilan truk dengan dua kali pengangkutan sampah.

“Kita ada total 215 petugas lapangan, itu penyapu 79 orang dan 136 crew serta supir pengangkut sampah kami juga tapi itupun tidak cukup menghadapi penumpukan sampah, sehingga kami tambah pekerjakan tenaga lepas sekitar 30 orang, alat berat juga kami terjunkan di Reban, depan Lapas agar pembersihan cepat selesai,” ujarnya.

Hingga saat ini kondisi gunungan sampah di TPA Randukuning telah mencapai 12 meter dari luas lahan sekitar 2 hektare. Handy pun mengimbau masyarakat untuk lebih tertib dalam membuang sampah

“Kenaikan sampah ini didominasi dari sampah rumah tangga, dimungkinkan karena saat lebaran masyarakat lebih banyak membuang sampah terutama sampah makanan, masyarakat juga ingin praktis dengan membuangnya di depan rumah atau di pinggir gang, jadi kami imbau masyarakat untuk tertiblah membuang sampah,” pungkasnya. (nov)