Balon Udara Liar Masih Jadi PR Bersama

by -
RAZIA - Hasil razia balon udara dan petasan yang dilakukan petugas gabungan dari Kepolisian dan Pemkot Pekalongan.

KOTA – Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid meminta masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara secara liar. Dikatakan Wali Kota, Pemerintah Kota Pekalongan terus mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat baik melalui pihak Forkopimcam, kelurahan, hingga RT dan RW untuk mengantisipasi penerbangan balon udara secara liar.

Tak hanya itu, razia balon udara liar juga telah digencarkan bersama pihak kepolisian maupun instansi terkait lainnya. Disampaikannya, masih adanya balon udara yang diterbang meski syawalan usai menjadi pekerjaan rumah bersama, agar di lebaran tahun berikutnya kejadian itu bisa lebih diantisipasi dengan pengawasan bersama.

“Tahun depan harus diantisipasi, peran semua masyarakat harus dimaksimalkan agar di tahun depan bisa dievaluasi bagaimana operasi terhadap balon udara liar ini bisa semakin diminimalkan dan tidak tidak diterbangkan bebas tetapi harus ditambatkan,” pesannya.

Penerbangan balon udara secara sporadis berpotensi menimbulkan bahaya seperti tersangkut kabel listrik, menara sutet, bahkan mengurangi jarak pandang para pilot. Balon udara juga berisiko masuk ke dalam mesin pesawat sehingga membahayakan aktivitas penerbangan.