Berobat di Puskesmas Dikenai Tarif Rp 10 Ribu

by
DIKENAI BIAYA - Bagi masyarakat yang akan melakukan pengobatan di Puskesmas kini dikenakan tarif saat mendaftar sebesar Rp 10 ribu.

*Berlaku Bagi yang Tak Punya BPJS

KENDAL – Bagi masyarakat yang akan melakukan pengobatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kini dikenakan tarif saat mendaftar sebesar Rp 10 ribu. Dasar penerapan tarif ini adalah Peraturan Bupati Kendal Nomor 28 Tahun 2022 tentang Tarif Layanan Pusat Kesehatan Masyarakat yang Menerapkan Badan Layanan Umum Daerah di Kabupaten Kendal.

Tarif layanan yang diatur adalah tarif layanan medik dan non medik. Tarif layanan medik meliputi rawat jalan, rawat inap, persalinan, pelayanan keluarga berencana, rawat jalan kunjungan (home visit), tindakan medik, tindakan medik gigi, tindakan khusus keperawatan, rehabilitasi medik, dan perawatan penunjang diagnostik. Untuk layanan non medik seperti pelayanan ambulans pra rujukan, pelayanan jenazah dan pengurusan jenazah, pelayanan kesehatan masyarakat, dan praktek pendidikan dan pelatihan kesehatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Parno mengatakan, pemberlakuan tarif pendaftaran di BLUD Puskesmas ni berlaku bagi masyarakat yang tidak memiliki BPJS Kesehatan sesuai faskes terdaftar.

“Pendaftar harus bayar Rp 10 ribu ini berlaku bagi masyarakat yang tidak mengikuti program BPJS. Sehingga dikatagorikan warga mampu berobat secara mandiri. Kalau yang ikut BPJS tidak perlu membayar biaya pendaftaran dan berobat. Karena sudah ditanggung BPJS,” kata Parno, kemarin.

Parno mengungkapkan, sebanyak 80% masyarakat di Kabupaten Kendal telah mengikuti program BPJS. Sementara 20% masuk kategori mampu. Dirinya menegaskan, dengan perubahan status menjadi BLUD tersebut, Puskesmas harus bisa meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.