Sebanyak 32 Desa Kosong Pimpinan

by
Rusmanto, Kepala Dispermades Batang

**Digelar Pilkades Serentak, Dispermades Ajukan Plt

BATANG – Kontestasi pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Batang akan digelar pada 29 Mei 2022. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) menyebutkan ada 32 desa yang akan mengikutinya, sehingga jumlah 32 desa ini saat ini berstatus kosong pimpinan.

Kepala Dispermades Kabupaten Batang, Rusmanto mengatakan, bahwa berbagai tahapan sudah dilaksanakan, mulai dari pembentukan panitia Pilkades hingga pendaftaran bakal calon Kades. “Adapun tahapan Pilkades saat ini sudah masuk masa penutupan pendaftaran bakal calon Kades,” ujar Rusmanto saat ditemui di kantornya, kemarin.

Rusmanto menyebut ada dua desa yang jumlah pendaftarnya kurang dari dua orang. Oleh karena itu, pihaknya terpaksa memperpanjang masa pendaftaran. “Dua desa yaitu Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem dan Desa Lebo Kecamatan Gringsing. Perpanjangan sudah dilakukan dan saat ini dalam tahap verifikasi berkas,” jelasnya.

Ia menyebut, penetapan bakal calon Kades menjadi calon Kades berlangsung pada 17 Mei 2022. Kemudian, pada 18 Mei 2022 penetapan gambar yang mewakili calon Kades. “Setelah itu, masa kampanye tiga hari, kemudian masa tenang. Jumlah calon tiap desa antara dua hingga tiga orang,” kata Rusmanto.

Adapun, disebutkan dia, pada Pilkades 2022 ini, ada sepasang suami istri yang ikut meramaikan bursa pencalonan Kades. Namun saat ditanya, Rusmanto enggan membeberkan pasangan suami istri itu berasal dari desa mana.