Dinperinaker Fasilitasi Rekrutmen Karyawan Perusahaan Ekspedisi

by
FASILITASI - Dinperinaker Kota Pekalongan memfasilitasi kegiatan walk in interview calon tenaga kerja salah satu perusahaan ekspedisi pengiriman, Selasa (10/5/2022).

KOTA – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan memfasilitasi kegiatan walk in interview calon tenaga kerja salah satu perusahaan ekspedisi pengiriman, Selasa (10/5/2022). Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memfasilitasi masyarakat dan perusahaan dalam menyerap tenaga kerja.

Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso mengungkapkan, Dinperinaker Kota Pekalongan memfasilitasi salah satu perusahaan ekspedisi yang telah dua tahun beroperasi di Kota Pekalongan dalam mencari calon tenaga kerja. meminta bantuan ke Dinperinaker Kota Pekalongan untuk memfasilitasi tempat dan sarana dalam pelaksanaan proses rekrutmen calon tenaga kerjanya.

“Hari ini satu hari setelah masuk kerja pasca libur lebaran, kami fasilitasi Anteraja untuk melakukan proses seleksi tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja mereka. Hal ini juga dipandang bagus, karena menurut mereka pengiriman terbanyak di Jawa Tengah bagi mereka dari Kota Pekalongan. Sehingga mereka membutuhkan tambahan tenaga kerja hampir setiap bulan,” tutur Sri Budi.

Pihaknya berharap, kegiatan ini bisa menjadi hal yang positif dan dimanfaatkan oleh angkatan kerja di Kota Pekalongan untuk bisa memasuki lapangan pekerjaan. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Pekalongan sekaligus menunjukkan industri pengolahan tekstil di Kota Batik ini terus berkembang.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengiriman-pengiriman barang terutama tekstil dari Kota Pekalongan yang mayoritas dari transaksi-transaksi online. Sejumlah langkah sudah dilakukan Dinperinaker dalam membantu masyarakat Kota Pekalongan untuk mencari lapangan pekerjaan. Diantaranya melalui informasi lowongan pekerjaan dengan mempertemukan perusahaan-perusahaan yang tengah melakukan proses rekrutmen dengan calon tenaga kerja. Sementara, di satu sisi dari calon tenaga kerja juga terus diinformasikan lowongan pekerjaan yang tersedia baik melalui media sosial maupun ditempel di papan informasi di Kantor Dinperinaker setempat.

“Masyarakat yang tengah mencari kerja harus pro-aktif dan jangan pasif dalam mencari informasi-informasi lowongan pekerjaan yang ada. Jika ada kesempatan seleksi yang bekerjasama dengan Dinperinaker Kota Pekalongan, kami akan fasilitasi dan sampaikan, disamping menyiapkan diri, tentu mereka perlu membekali dirinya baik melalui pelatihan mandiri maupun pelatihan skill yang disediakan di Balai Latihan Kerja (BLK) setempat,” jelasnya.(nul)