Wali Kota Minta Waktu Pengurusan KTP Dipercepat

by
SIDAK - Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid saat melakukan sidak ke Kantor Dindukcapil, Selasa (10/5/22).

*Masih Ada Pelayanan Sampai 5 Hari

KOTA – Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid meminta adanya percepatan waktu pengurusan KTP maupun KK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil). Dalam sidak yang dilakukan Wali Kota di Kantor Dindukcapil, masih ditemukan sejumlah laporan warga yang menyampaikan bahwa pengurusa KTP maupun KK memakan waktu hingga lima hari.

Wali Kota mengatakan, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah baik namun perlu adanya peningkatan percepatan untuk mengurus KTP, merubah KK, ataupun yang lainnya. “Pelayanan di Dindukcapil sudah oke, tinggal bagaimana percepatan. Percepatan dalam arti mengurus KTP, merubah KK, tadi masih ada beberapa kasus yang kita tanya kepada warga ini masih memakan waktu 5 hari,” terang Wali Kota yang ditemui usai sidak usai cuti bersama Idulfitri Selasa (10/5/22).

Setelah dikonfirmasi, terdapat kendala yang mempengaruhi percepatan layanan tersebut yakni anjlok listrik. Lebih lanjut pihaknya memastikan kendala tersebut telah dikomunikasikan oleh PLN kota Pekalongan untuk dapat segera ditindaklanjuti.

Selain itu, Wali Kota Aaf juga menyoroti ruang penyimpanan arsip Dindukcapil di mana di dalamnya masih tersimpan data sejak tahun 1928. Namun data tersebut disimpan dalam lemari kayu yang dinilai rawan dan belum aman. “Ruang penyimpanan arsip, data kita dari tahun 1928 masih tersimpan. Bagaimana perawatan kertas, perawatan tempat penyimpanan. Ternyata tadi ditemukan tempat penyimpanan yang menggunakan kayu, kalau menggunakan lemari kayu rawan rayap. Ke depan sudah kita ajukan,” katanya.

Aaf juga menambahkan perlu adanya alat pemadam kebakaran otomatis di Dindukcapi mengingat masih terdapat data penting yang berusia tua.