Depo Arsip Berikan Layanan Alih Media Arsip Gratis

by
LAYANAN - Depo Arsip Kota Pekalongan memberikan layanan alih media arsip gratis yang dapat diakses masyarakat

KOTA – Depo Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan menyiapkan layanan Mertua (Layanan Alih Media Arsip Untuk Semua) yang bisa menduplikasi atau mengalihmediakan dokumen maupun arsip vital milik masyarakat.

Kepala bidang Kearsipan Dinarpus Kota Pekalongan, Duhita Yekti Darpitasari mengungkapkan layanan Mertua ini tidak hanya menyasar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja namun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan organisasi masyarakat maupun organisasi politik tanpa dipungut biaya.

“Layanan Mertua ini merupakan alih media, jika masyarakat khawatir menyimpan bentuk fisik dari dokumen penting mereka, mereka bisa memanfaatkan ini, kita layani di sini. Seperti Kartu Keluarga (KK), sertifikat atau dokumen lainnya,” kata Duhita saat ditemui di Kantor Depo Arsip, belum lama ini.

Dengan layanan mertua ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat atau OPD ketika kehilangan dokumen vitalnya, karena mereka masih memiliki dokumen digital dalam perangkat elektronik (softfile). “Jika dokumen vital hilang itu mencarinya susah, kalau dialihmediakan kemudian dokumen tersebut hilang masih ada soft filenya,” sambungnya.

Dengan layanan mertua, masyarakat dan organisasi masyarakat maupun organisasi politik dapat memperoleh fasilitas berupa softcopy duplikat arsip dalam bentuk CD. Untuk OPD selain softcopy duplikat arsip juga mendapat database arsip yang dialihmediakan.

Disampaikan Duhita, kepada masyarakat yang ingin mengalihmediakan dokumen penting mereka dapat datang langsung ke Depo Arsip Kota Pekalongan di Jalan Ki Mangunsarkoro, Dekoro, Kecamatan Pekalongan Timur pada jam kerja. Layanan Mertua dapat digunakan untuk semua jenis arsip yang berukuran maksimal A3 tanpa dipungut biaya dan dijamin keamanannya.

“Bisa datang langsung ke sini pada jam kerja, nanti kita pindai dokumen (scan) tersebut kemudian kita berikan kepada pemohon dalam bentuk softcopy sehingga terjamin keamanannya,” pungkasnya.(nul)