Ribuan Peziarah Hadiri Haul Wali Penyebar Agama

by
HADIRI - Bupati Kendal mengahdiri peringatan Haul Akbar Wali Joko, Wali Hadi dan Wali Abu Sudjak digelar kompleks Masjid Agung Kendal.

KENDAL – Peringatan wafatnya atau Haul Akbar Wali Joko, Wali Hadi, dan Wali Abu Sudjak digelar kompleks Masjid Agung Kendal, Senin (9/5/2022). Haul akbar para wali penyebar agama Islam di Kendal kali ini merupakan yang pertama kali digelar sejak adanya pandemi Covid-19. Ribuan jamaah yang memenuhi serambi dan halaman masjid mengikuti acara haul yang diawali dengan pembacaan burdah, tahlil dan tausiyah yang diakhiri dengan doa bersama.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang menghadiri acara mengatakan, haul para wali ini diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat, dengan mengingat jasa-jasa para wali yang sudah berjuang dengan gigih, sehingga Kendal menjadi besar seperti sekarang ini.

“Perjuangan para wali juga dapat memberi motivasi bagi pemerintah kabupaten untuk berbuat yang terbaik untuk melanjutkan perjuangan para wali dalam membangun Kabupaten Kendal,” katanya.

Takmir Masjid Agung Kendal, KH Asro’i Thohir mengatakan, Haul Akbar yang digelar pertama kali setelah dua tahun vakum karena kondisi pandemi covid-19, ternyata mendapat perhatian masyarakat cukup tinggi. Hal ini mencerminkan adanya kerinduan masyarakat untuk berziarah di makam para wali. “Para wali tersebut merupakan tokoh perintis Kabupaten Kendal, sehingga jangan sampai dilupakan,” katanya.

Lanjut Asro’i Thohir, yang dibutuhkan tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi harus diimbangi dengan moralitas dan spiritual yang tinggi supaya tidak berbahaya. Maka melalui Haul Akbar para wali ini, masyarakat memiliki tiga potensi sekaligus, yakni intelektualitas, teknologi dan spiritualitas, sehingga kehidupan masyarakat menjadi lebih tenteram.

“Masyarakat bisa mencontoh perilaku yang dilakukan para wali. Karena banyak mengedepankan kesabaran,gotong royong dan lainya. Bila ini bisa kita lakukan menjadi salah satu modal dalam membangun Kabupaten Kendal,” ungkapnya. (lid)