Kembali Masuk Kerja, Banyak ASN Terlambat

by
ARAHAN - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat memberikan arahan pada kesempatan apel bersama usai libur lebaran, Senin (9/5/2022), di Alun-alun Kendal.

*Jadi Poin Evaluasi Indikator Kinerja Jabatan

KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menggelar Apel Bersama di bulan Mei, Senin (9/5/2022) di Alun-alun Kendal. Namun pelaksanaan apel itu diwarnai oleh banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang terlambat di hari pertama masuk kerja pasca cuti libur Lebaran 2022 tersebut. Mereka bahkan melenggang dengan santai meski tak tepat waktu.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, akan segera mengevaluasi hasil kinerja para ASN dari golongan terendah hingga jabatan tinggi di lingkungannya. Bagi yang tidak melaksanakan kinerjanya dengan baik sebagai abdi masyarakat akan dilakukan penilaian ulang. “Terlebih pada momen apel perdana usai libur lebaran yang lama ini. Masih saja kedapatan terlambat ataupun bolos kerja,” katanya.

Dico mengungkangkan, pegawai yang sudah status ASN tapi terlambat mengikuti apel lebaran ataupun bolos kerja, hal itu akan masuk dalam indikator penilaian untuk evaluasi jabatan bahkan bisa juga penundaan kenaikan pangkatnya. Pada sisi lain, Bupati meminta ASN untuk siap menghadapi beberapa perubahan, mulai dari perkembangan teknologi, perkembangan ekonomi digital, rencana penghapusan tenaga honorer, serta perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam pengadaan barang dan jasa.

“Beberapa perubahan akan memberikan perubahan sosial yang kompleks. Sehingga perlu dipersiapkan kebijakan dan regulasi yang tepat. Saya harap ASN mampu mengembangkan leadership dan solusi out of the box,” pintanya.

Dalam apel bersama itu, Bupati juga menyoroti kondisi penyerapan anggaran yang disebutnya masih rendah, evaluasi akan dilakukan kepada OPD dengan penyerapan rendah. Kemudian ia pun mengingatkan adanya transisi dari pandemi menjadi endemi, supaya protokol kesehatan masih tetap dijaga, meski beberapa pelayanan dan tempat umum sudah mulai diperbolehkan. “Saya minta ASN agar bekerja dengan baik dengan terapkan disiplin waktu kerja dan disiplin waktu pelayanan,”pungkasnya. (lid)