Ajari Anak Usia Dini Harus Lewat Permainan

by
KUNJUNGAN - Bunda Paud Kota Pekalongan Inggit Soraya saat berkunjung di lembaga PAUD.

“Hal ini justru bisa, mengganggu mental dan tumbuh kembang anak. Orangtua, untuk tidak terlalu khawatir jika anaknya belum mampu calistung saat anak menjalani masa bermain,” imbuh ibu dua anak ini.

Ditambahkan, masa transisi anak ini menjadi salah satu perhatian untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas.
“Anak usia dini ini kodratnya adalah, belajar dan bermain. Jadi, kalau mau mengajarkan calistung kepada mereka harus dengan belajar dan bermain,” kata Inggit.

Lalu, apabila dalam tumbuh kembangnya anak dipaksa untuk bisa menguasai calistung, maka hal tersebut berpotensi terhadap perkembangan anak di masa selanjutnya dan bisa saja dapat memicu anak putus sekolah karena tidak menikmati proses belajarnya.

“Saya berpesan kepada orang tua, untuk tidak terlalu khawatir jika anaknya belum bisa calistung. Karena nantinya, ketika anak di atas usia 6 tahun secara otomatis akan memahami angka dan membaca dengan sendiri. Namun, orang tua juga perlu memberikan stimulasi salah satunya dengan membacakan buku cerita ataupun dongeng kepada anak,” pungkasnya. (mal)