Tahun Ini, Jatah Kuota Haji 160 Orang

oleh -
KEMENAG - Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan H Kasiman Mahmud Desky saat menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Alfalah Setono usai kegiatan tarling berssma NU dan Muhammadiyah di masjid setempat saat Ramadan lalu sekaligus sosialisasi tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022.

KOTA – Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan menginformasikan bahwa Kota Pekalongan telah mendapatkan jatah kuota calon jemaah haji yang akan diberangkatkan di tahun 2022 ini.

Kepala Kantor Kemenag setempat, H Kasiman Mahmud Desky menyebutkan, jatah kuota haji yang didapat Kota Pekalongan tahun ini sebanyak 160 orang.

“Dalam waktu dekat ini ada kegiatan pemberangkatan jemaah haji yang dimulai 4 Junu, dan itu sudah disosisalisasikan oleh Kemenag bahwa jatah Kota Pejalongan sekitar 160 dan dengan pembatasan umur maksimal 65 tahun,” kata Kasiman, usai rangkaian kegiatan tarling Ramadan di Masjid Al Falah, Setono, Pekalongan Timur Kota Pekalongan, belum lama ini.

Menurut Kasiman, dengan jumlah tersebut, ada penurunan hampir separuhnya dari kuota yang biasa didapat Kota Pekalongan. Jika dibandingkan dengan jumlah jemaah yang mestinya berangkat pada musim haji 2020 lalu, maka jatah kuota tahun 2022 ini hanya sekitar 48 persennya saja.

“Persentasi tersebut memang belum fix jumlahnya. Tapi rata-ata jika kita setiap tahun ketika waktu normal dulu (sebelum pandemi Covid, red) sekitar 320 sampai 370 orang, maka kalau dipersentase sekitar 48 persen tadi. Inipun sama untuk kuota nasional sekitar segitu,” ujarnya.