Kapolda: Tak Ada Alasan Terjadi Kemacetan

by
PENGECEKAN - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat melakukan pengecekan kesiapan pengamanan arus mudik di Pos Terpadu Exit Tol Setono Kota Pekalongan, Kamis (28/4/2022).

KOTA – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan pengecekan Pos Pengamanan dan jalur mudik di pantura Jawa Tengah, tak terkecuali di Kota Pekalongan, Kamis (28/4/2022) siang. Dengan didampingi sejumlah Pejabat Utama dan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi beserta jajaran, Kapolda menyempatkan diri mengecek Pos Terpadu di Exit Tol Setono Kota Pekalongan.

Usai pengecekan, Kapolda mengungkapkan bahwa mulai Kamis (28/4/2022) pukul 17.00 WIB, akan dilakukan One Way di jalan tol, dimulai kilometer 47 (Pejagan) sampai Kalikangkung.

“Harus kita antisipasi jalur pantura yang biasa digunakan untuk jalur mudik, khususnya Polres yang (wilayahnya) tidak punya tol, seperti Kota Pekalongan, dimana ada trouble stop-nya ada di jalan KH Mansyur, ada perlintasan KA, namun anggota sudah terpantau semua, akan kita lakukan penarikan, sehingga tidak ada alasan di tempat kita ada kemacetan yang fluktuatif,” kata Kapolda.

Kapolda memprediksi puncak arus mudik terjadi pada Kamis malam. Sehingga untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan, akan dilakukan ‘flash’ di jalur Tol dimulai dari Kilometer 47 hingga pukul 12 malam.

**Jalur Selatan Siap

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengecek jalur mudik di jalur Selatan Jawa Tengah. Hal itu untuk memastikan kesiapan jalur selatan Jateng yang digunakan sebagai alternatif jalur arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Kapolda Jateng tampak didampingi Dirlantas dan sejumlah PJU Polda Jateng menyusuri jalur di sepanjang Cilacap hingga Kebumen.

Kapolda menyatakan bahwa jalur selatan siap digunakan sebagai jalur alternatif saat arus mudik Lebaran. “Jalur sudah siap, (hingga kini) belum ada peningkatan arus yang fluktuatif. Kami imbau masyarakat untuk gunakan jalur selatan selain jalur tol dan pantura,” kata Kapolda.