BPI Berbagi Keberkahan untuk Masyarakat di Bulan Ramadan

by
Suasana peringatan Nuzulul Qur’an dan Khatam Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh PT Bhimasena Power Indonesia bekerjasama dengan Pondok Pesantren Jurang Jero, Desa Bakalan, Kecamatan Kandeman. Istimewa

BATANG— Di bulan Ramadan, bulan penuh berkah, PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) menjadikan bulan suci ini sebagai momentum berbagi keberkahan dan memperkuat ikatan sosial dengan masyarakat sekitar PLTU Jawa Tengah 2 x 1.000 MW di Kabupaten Batang. BPI kembali melakukan program dukungan sosial-budaya dan lingkungan bersama masyarakat.

Program sosial selama Ramadan yang dilakukan oleh BPI diantaranya pembagian infaq, tadarus Al-Qur’an untuk 5 desa, peringatan Nuzulul Qur’an di 8 desa, Khatam Al Qur’an, santunan anak yatim piatu, memberikan bantuan beras sebanyak 650 paket dan 185 paket sembako.

Sebelumnya, BPI juga telah melakukan serangkaian kegiatan menyambut bulan suci Ramadan Bersama masyarakat desa sekitar proyek PLTU Jawa Tengah. Seperti halnya kegiatan pengecatan tempat ibadah, membersihkan peralatan sholat dengan melibatkan 9 laundry Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan penyemprotan desinfektan di masjid maupun musholla.

Direktur Operasional BPI, Yoshimitsu Fujii mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang saat ini masih menghadapi dampak pandemi Covid-19 dan adanya sejumlah harga bahan pokok yang melambung tinggi. Dengan kondisi perekonomian yang belum stabil ini, membuat masyarakat antusias menyambut program tahunan ini.

“Kami akan selalu memperhatikan lingkungan, dan masyarakat di desa sekitar PLTU Jawa Tengah. Kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi dari aspirasi masyarakat di desa sekitar perusahaan. Kegiatan ini telah dilaksanakan dan berjalan lancar, harapannya dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri’’, ungkap Yoshimitsu Fujii.

Dalam pelaksanaan semua kegiatan, BPI melakukan koordinasi dengan pihak desa untuk melibatkan masyarakat desa setempat yang memiliki usaha lokal untuk pengadaan dan penyaluran santunan sosial maupun paket sembako. Hal ini diharapkan dapat membantu perekonomian dan kebutuhan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Kami juga melibatkan dan memberdayakan kelompok binaan CSR BPI, yakni 9 Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang tersebar di desa sekitar lokasi PLTU Jawa Tengah. Sementara untuk lokasi kegiatan, kami berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintahan desa setempat sebab mereka yang lebih mengetahui kebutuhan dari setiap desa,” jelas Yoshimitsu Fujii.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, program kegiatan di bulan suci Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri sudah dilakukan sejak tahun 2017. Seperti halnya program pengecatan tempat ibadah dan sekolah agama, serta membersihkan lingkungan sekitar tempat ibadah dan alat sholat.

Sementara untuk tahun ini, BPI melakukan pengecatan di Mushola dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berada di sekitar proyek pembangunan PLTU Jawa Tengah termasuk melakukan program pencegahan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan desinfektan dengan alat fogging di musholla maupun masjid di desa sekitar PLTU Jawa Tengah. (rls)