Berbagi Takjil, Pemuda Kristiani Langsung Datangi Rumah Warga

by
BAGIKAN - Pemuda Kresten dan pemuda Katolik bagikan takjil kepada warga muslim kurang mampu.

BATANG – Semangat toleransi ditunjukkan puluhan pemuda non muslim dari penganut Kristen dan Katolik di Kabupaten Batang. Hal ini terlihat dari program bagi takjil kepada warga Muslim yang kurang mampu.

Pembagian takjil yang dilakukan secara jemput bola atau mendatangi warga Muslim yang memang kurang mampu, berasal dari hasil iuran pemuda Kristiani dan Katolik yang menyisihkan uang sakunya.

“Jadi bukan sekadar bagi takjil ramai – ramai di pinggir jalan dan perempatan jalan. Pembagian takjilnya langsung mendatangi orangnya. Sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainya,” ujar Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Batang, Subkhi.

Dikatakannya, kegiatan bagi takjil menjadi agenda tahunan bagi pemuda Kristen dan Katolik di bulan Ramadan. Tahun kemarin, tutur Subkhi, pembagian takjil sudah dilakukan oleh pemuda Kristiani. Namun tahun ini dua komunitas yakni pemuda Kristen dan Katolik. “Tahun ini takjil dibagian di tiga lokasi yakni Kecamatan Blado, Kecamatan Batang dan Kecamatan Limpung,” kata Subkhi.

Ia menyebutkan, fenomena generasi muda yang gigih menjaga kerukunan dan toleransi harus mendapat apresiasi dari semua umat beragama. “Pembagian takjil ini akan mempertebal rasa kebersamaan dan toleransi. Ini bukti nyata kepedulian dari warga non muslim terhadap peribadatan orang muslim,” ungkapnya. (nov)