Duh, Realisasi Kegiatan Fisik Sejumlah OPD Masih Rendah

by
BERI ARAHAN - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, memberikan arahan pada Rakorpok APBD Kendal tahun 2022 Triwulan I.

*Hasil Evaluasi Rakorpok Triwulan I

KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, memberikan beberapa evaluasi target penyerapan di triwulan I. Hasilnya, realisasi kegiatan fisik pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dianggap masih rendah.

“Terutama untuk realisasi kegiatan fisik, selain PUPR masih jauh dari terget atau masih di bawah 10 persen. Seharusnya realisasi mencapai 30 persen,” kata Dico saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Rakor Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) APBD Kendal tahun 2022 Triwulan I, Selasa (26/4/2022) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Rakorpok diikuti oleh Wakil Bupati Windu Suko Basuki, Pj Sekda Sugiono, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda Kendal, serta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal beserta Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Kendal.

Dengan adanya evaluasi konprehensif itu, Bupati meminta kepada Pj Sekda Kendal untuk dapat memberikan arahan dan sekaligus mengkoordinir OPD supaya beberapa target kegiatan dapat segera terealisasi. “Saya minta seluruh OPD untuk segera melakukan lelang dan tertib administrasi,” pesan Dico.

Bupati berharap Rakorpok bisa menjadi forum untuk memantau dan mengevalusi pelaksanaan kegiatan dan mencari solusi atas kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kendal.

Berdasar hasil laporan Rakor POK, realisasi keuangan dan fisik kegiatan sampai dengan 19 April 2022, untuk Realisasi Belanja Operasi 11,87%, Realisasi Belanja Modal 0,38%, Realisasi Belanja Tidak Terduga 0%, dan Realisasi Belanja Transfer 7,26%. Sehingga total Realisasi Belanja Daerah sampai dengan 19 April 2022 9,87%. (lid)