Ramadan Ceria, Pelajar Spensabat Aktif Berbagi

by
IKUTI - Pelajar SMPN 1 Batang saat mengikuti kegiatan Ramadan Ceria.

BATANG – Ramadan kali ini, SMPN 1 Batang (Spensabat) menggelar kegiatan bertajuk Ramadan Ceria. Tak hanya kegiatan pesantren kilat dan memperdalam ilmu agama, pelajar juga aktif mengikuti kegiatan sosial dan pengembangan bakat.

Kepala SMPN 1 Batang, Achmad Suroso menjelaskan, Ramadan Ceria ini diharapkan bisa membentuk karakter anak yang agamis, kreatif dan berjiwa sosial tinggi.

“Ramadan kali ini kami gelar Ramadan Ceria. Ceria sendiri adalah singkatan dari Cerdas Kreatif dan berakhlak mulia. Sehingga harapannya setelah ini anak bisa lebih agamis, kreatif mengembangkan bakatnya, dan juga berakhlak mulia. Tak hanya lebih dekat dengan Tuhan, tetapi juga dengan sesama mahluk,” ujarnya saat diwawancarai di sela-sela kegiatan pesantren kilat, Senin (25/4/2022).

Kegiatan ini meliputi pembagian takjil yang dilaksanakan 3 kali masing-masing oleh kelas 7, 8 dan 9 yang dilaksanakan pada tanggal 8 April, 11 April dan 13 April 2022. Lokasi pembagian takjil di seputar kelurahan Kauman. Dalam kegiatan bagi takjil ini juga terdapat partisipasi orang tua siswa, alumni dengan ikut menyumbang 30 nasi kotak dan snack dari Lurah Kauman, sebanyak 25 paket.

Selain kegiatan bagi takjil, OSIS SPENSABAT juga mengadakan kegiatan lomba dan bagi kelas 7 dan 8 yang dilaksanakan pada tanggal 7 dan 14 April, sedangkan untuk kelas 9 diadakan kegiatan Istighosah bersama dalam rangka menghadapi ujian sekolah pada hari Sabtu, tanggal 16 April dan dilanjutkan dengan membagikan sembako yang terdiri dari beras, gula dan minyak goreng sebanyak 25 paket dari partisipasi Bapak/ibu guru dan mie instan sebanyak 18 dos, partisipasi dari siswa tiap kelas.

“Nah yang sedang kami gelar ini setelah ujian sekolah adalah pesantren kilat yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 25 – 27 April 2022. Seluruh kegiatan nantinya akan ditutup dengan kegiatan peringatan Nuzulul Quran yang akan diadakan tanggal 28 April mendatang,” pungkasnya. (nov)