Pertamina Siap Melayani di Setiap Jalur Mudik

by

Semarang – Memasuki masa arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H, Pertamina memastikan seluruh fasilitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) telah siap beroperasi dan melayani kebutuhan bagi konsumen dan masyarakat di setiap jalur mudik, khusunya di wilayah provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho dalam keterangan pers (25/4) menerangkan Pertamina telah membagi 5 skenario layanan pengisian BBM berdasarkan jalur mudik yang bisa ditempuh.

“Di antaranya jalur Tol Trans Jawa, jalur Pantai Utara (Pantura), jalur Tengah, jalur Selatan, dan jalur Pantai Selatan (Pansela) atau jalur Daendels,” terang Brasto.

Fokus Utama Jalur Tol Trans Jawa

Brasto mengatakan jalur Tol Trans Jawa menjadi salah satu jalur mudik utama yang menjadi fokus perhatian Pertamina dalam mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM di jalur tersebut.

“Terdapat 7 SPBU reguler yang tersedia di rest area Tol Trans Jawa di wilayah operasi kami, antara KM 252 hingga KM 519. 3 SPBU di Ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya), yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519. Sementara 4 SPBU lainnya di Ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta), yaitu di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260,” kata Brasto.

Selain itu, untuk rest area yang tidak tersedia SPBU, Pertamina juga menghadirkan 16 titik layanan pengisian BBM tambahan berupa Pertashop dan SPBU Modular, yang khusus beroperasi sejak 20 April hingga 11 Mei 2022.

“10 di antaranya di Ruas Tol A, yaitu di KM 252, KM 275, KM 287, KM 338, KM 379, KM 391, KM 456, KM 487, KM 519, dan KM 538. Sementara 6 titik lainnya di Ruas Tol B, tepatnya di KM 538, KM 519, KM 487, KM 456, KM 294, dan KM 282,” terangnya.

Brasto menambahkan, Pertamina juga menyiagakan Motoris Pertamina jika suatu waktu dibutuhkan untuk melayani pengisian BBM apabila terjadi antrian, khususnya di SPBU Rest Area KM 429A, KM 260B, dan KM 360B.

“Apabila dibutuhkan, Motoris Pertamina yang sehari-hari bertugas dalam layanan Pertamina Delivery Service (PDS) juga akan kami kerahkan untuk memecah antrian pada saat pengisian BBM,” ujar Brasto.

Untuk mengantisipasi apabila terdapat konsumen yang mengalami kehabisan BBM di tengah jalan tol, Pertamina telah menyiapkan Mobil Siaga, yaitu mobil yang membawa BBM dalam bentuk kemasan.

“Ada 3 Mobil Siaga yang disiapkan di 3 titik, yaitu di SPBU Exit Tol Tegal, SPBU Exit Weleri, dan SPBU Rest Area KM 519B. Konsumen hanya tinggal menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135,” imbuhnya.

Pertamina juga telah menyiapkan stok tambahan dalam mobil tangki yang terisi penuh dan ditempatkan di beberapa titik SPBU yang disebut dengan SPBU Kantong. Hal itu untuk mengantisipasi adanya lonjakan kebutuhan di SPBU.

“Khusus di jalur Tol Trans Jawa kami menempatkan 7 SPBU Kantong di antaranya di SPBU Rest Area KM 379A, KM 429A, KM 519A, KM 260B, KM 360B, KM 389B, dan KM 519B.

Selain fasilitas pengisian BBM, Pertamina juga menghadirkan layanan tambahan berupa posko kesehatan di beberapa titik tertentu di jalur mudik. Posko tersebut dinamakan Rumah Pertamina Siaga.

“Kami menyediakan posko kesehatan di 4 titik Tol Trans Jawa, di antaranya SPBU Rest Area KM 379A, KM 519A, KM 260B, dan KM 519B. Posko tersebut dapat dimanfaatkan oleh konsumen untuk beristirahat apabila merasa kelelahan selama perjalanan mudik.

Pertamina Siaga di Jalur Reguler Non-Tol

Disamping jalur Tol Trans Jawa, Pertamina juga menyiagakan sejumlah layanan dan fasilitas pengisian BBM di jalur mudik reguler atau non-tol.

“Fasilitas dan layanan yang telah kami siapkan di setiap jalur mudik reguler di antaranya SPBU, Motoris, SPBU Kantong, hingga Rumah Pertamina Siaga,” pungkas Brasto.

Jalur Pantura yang melintasi sejumlah kota kabupaten mulai dari Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, dan seterusnya tersedia 122 titik SPBU, di mana 6 di antaranya tersedia Motoris Pertamina, dan 9 di antaranya tersedia SPBU Kantong. Rumah Pertamina Siaga juga tersedia di jalur mudik Pantura yakni di SPBU Masjid Al-Fairuz, Pekalongan.

Jalur Tengah yang melintasi sejumlah kota kabupaten mulai dari Brebes, Tegal, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Sleman, Klaten, Yogyakarta, Boyolali, dan seterusnya tersedia 96 titik SPBU, di mana 11 di antaranya tersedia Motoris Pertamina, dan 12 di antaranya tersedia SPBU Kantong. Rumah Pertamina Siaga juga tersedia di jalur mudik Tengah yakni di SPBU 4453101 Ajibarang, Banyumas.

Jalur Selatan yang melintasi sejumlah kota kabupaten mulai dari Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, dan seterusnya tersedia 60 titik SPBU, di mana 6 di antaranya tersedia Motoris Pertamina, dan 7 di antaranya tersedia SPBU Kantong.

Di jalur Pansela yang melintasi sepanjang jalan Daendels tersedia 16 titik SPBU, di mana 3 di antaranya tersedia Motoris Pertamina.

“Untuk kemudahan informasi seputar produk dan layanan Pertamina terdekat, konsumen dan masyarakat bisa memanfaatkan Pertamina Call Center di nomor 135 atau aplikasi MyPertamina,” tutup Brasto. (rls)