Anggota Satpolkar Dilarang Libur

by
RAKOR - Kepala Satpolkar Kendal, Subarso pimpin Rapat Koordinasi Anggota Satpol PP, Linmas dan Damkar dalam Persiapan Menghadapi Mudik Lebaran.

*Mudik Lebaran, Tiga Titik jadi Perhatian

KENDAL – Selama mudik lebaran, anggota Satpol PP dan Damkar (Satpolkar) Kendal tidak boleh ada yang libur dan harus siap siaga bertugas sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

“Tak ada libur lebaran, ini sudah jadi konsekuensi sebagai anggota Satpol PP dan Damkar. Siap bertugas sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” kata Kepala Satpolkar Kendal, Subarso, saat Rapat Koordinasi Anggota Satpol PP, Linmas dan Damkar dalam Persiapan Menghadapi Mudik Lebaran, Rabu (20/4/2022) sore, kemarin, di halaman kantor setempat.

Subarso mengungkapkan, petugas Satpol PP akan ikut bertugas di pos-pos pengamanan mudik lebaran bersama dengan petugas dari Polres, Kodim, Dinkes, dan Dinas Perhubungan. “Penjagaan di pos pengamanan dilakukan selama 24 jam yang dibagi menjadi tiga shift,” ungkapnya.

Lanjut Subarso, demikian pula petugas Damkar harus selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Kalau Lebaran itu banyak orang masak bikin kue atau makanan, sekalian diimbau supaya jangan ditinggal ketika sedang memasak,” tukasnya.

Sementara itu, Kabid Kamtibun dan Linmas, Catur Arif Prasetyo mengatakan, tugas pengamanan mudik lebaran dilakukan selama 14 hari. Tiap harinya akan ditugaskan 18 personil yang ditempatkan di sejumlah pospam yang ada. Fokus tugasnya adalah pengamanan Covid-19. “Pembagian tugas disesuaikan dengan jumlah pospam yang ada,” katanya.

Dalam rapat koordinasi tersebut juga disinggung bahwa selama tugas pengamanan mudik lebaran ada tiga titik yang mendapat perhatian lebih, yaitu tradisi Pasar Kembang Weleri, pasar tiban di Pasar Cepiring dan tradisi Syawalan Kaliwungu. (lid)