Pemudik Belum Vaksin Akan Diberhentikan

by
LAYANAN VAKSINASI - Posko Vaksinasi didirikan di Rest Area Batang-Semarang.

*Petugas Siagakan Posko Vaksinasi

BATANG – Pemerintah mewajibkan setiap orang yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2022 atau 1443 hijriah harus sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster.

Adapun, bila nanti di lapangan ditemukan ada pemudik yang belum divaksin booster, maka aparat kepolisian dan unsur terkait lainnya akan menghentikan dan membawanya ke posko vaksinasi.

“Jika ditemukan ada pemudik yang belum divaksin, maka petugas Polres Batang akan menghentikan. Selanjutnya, Dokkes Polres Batang bersama Dinkes Batang segera memberi layanan vaksinasi,” ujar Wakapolres Batang, Kompol Gali Atmajaya, kemarin.

Gali mengatakan, bahwa tidak ada penyekatan arus mudik maupun upaya memutar balik pemudik bagi yang kedapatan belum mendapatkan vaksin.

Namun demikian, pihaknya akan menyiagakan posko vaksinasi bagi para pemudik, agar pemudik lebih mudah melengkapi dosis vaksinasinya. “Dokkes Polres Batang dan Dinkes Batang siap memberikan layanan vaksinasi bagi para pemudik di beberapa titik rest area, baik di jalur tol maupun Pantura,” katanya.

Beberapa titik yang disiapkan untuk layanan vaksinasi yaitu jalur Tol di Rest Area 379 dan 360. Serta jalur Pantura di Pos Layanan Alun-alun Batang, Kalibeluk, dan Kandeman. “Di tiap pos kami siagakan satu tim yang terdiri dari vaksinator 3 orang, yang dibantu Dinkes Batang” jelasnya.

Ia memastikan, layanan vaksinasi pemudik ini tidak dibatasi dan tidak ditarget jumlahnya. “Kami siapkan vaksin sebanyak-banyaknya. Pemudik tidak usah khawatir karena stok tersedia cukup banyak,” ujar dia. (fel)