Puncak Arus Mudik Diprediksi 28-30 April

by
CEK ARMADA - Wawalkot Pekalongan H Salahudin bersama Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi dan perwakilan forkopimda mengecek kesiapan armada usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di depan Mapolres Pekalongan Kota, Jumat (22/4/2022).

*) Disiapkan Rest Area di Terminal

KOTA – Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi melalui Kasatlantas AKP Aliet Alphard mengungkapkan bahwa jumlah pemudik lebaran tahun 2022 ini diprediksi mencapai 85,5 juta orang, dimana 25 juta dari jumlah tersebut akan memasuki wilayah Jawa Tengah. Sedangkan untuk puncak arus mudik diprediksi akan terjadi mulai tanggal 28-30 April 2022 mendatang.

Demikian disampaikan Kasatlantas AKP Aliet, usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di halaman Mapolres Pekalongan Kota, Jumat (22/4/2022).

“Persiapan menjelang arus mudik dan balik, untuk sarana dan prasana (sarpras) kita sudah siap, sinergi bersama Dinas Perhubungan (Dishub) baikpemasangan rambu-rambu lalu lintas yang distribusikan bareng-bareng maupun menyiapkan sejumlah pos pengamanan (pospam),” tuturnya.

AKP Aliet menyebutkan, untuk Polres Pekalongan Kota sendiri, kami akan mendirikan 5 pos utama dan 6 subpospam guna mengantisipasi kerawanan dan kemacetan selama arus mudik dan balik Lebaran 2022. Adapun Pos utama yang disiapkan diantaranya yakni di Pospam Jalan Raya Pacar, Pos Terpadu Matahari Jl Dr Cipto, Pos Yan THR Jalan Pemuda, Pospam Exit Tol Setono, dan Pos Wisata Pasir Kencana. Sementara, untuk beberapa subpospam yakni di Pos Dalam Terminal Pekalongan, Pos Dalam Stasiun, Pos Luar Stasiun, Pos Ponolawen, Pos Grogolan, Pos Alun-Alun Pekalongan. Subpospam ini ditempatkan untuk membantu mengantisipasi sejumlah titik rawan kemacetan, tindak kejahatan, maupun keramaian.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi mengungkapkan jajarannya telah menyiapkan strategi untuk mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik lebaran 2022. Pihaknya menyebutkan, sejumlah titik rawan kemacetan antara lain THR, Matahari, berada di jalur pantura lampu pengatur lalu lintas Grogolan, Ponolawen, Simpang Pusri, dan titik ruas jalan yang berdekatan dengan perlintasan kereta api seperti di Jalan KHM Mansyur. Di titik-titik rawan macet tersebut jajarannya sudah mendirikan 5 Pospam dan 6 Subpospam.