Kota Pekalongan Siapkan Tiga Jalur Alternatif

by
RAKOR - Dinas Perhubungan Kota Pekalongan bersama instansi terkait melaksanakan rakor Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam rangka pengamanan arus mudik lebaran 2022 di aula kantor Dishub setempat.

**Untuk Perlancar Arus Mudik

KOTA – Dinas Perhubungan Kota Pekalongan bersama stakeholder terkait akan menyiapkan tiga jalur alternatif untuk mengamankan dan memperlancar arus mudik lebaran 2022 mendatang.

Jalur alternatif ini relatif masih sama dengan musim mudik sebelum-sebelumnya. Alternatif pertama, yakni melalui Jalan Gajah Mada, Jalan Imam Bonjol, belok kanan Jalan Salak, Jalan Manggis, Jalan Bandung dibuka dua arah hingga wilayah Setono Jalan Ki Mangun Sarkoro, dan belakang Terminal Pekalongan.

Jika jalur alternatif pertama itu padat, maka disiapkan jalur alternatif kedua, mulai depan Stasiun Pekalongan, lalu Jalan Bahagia, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Kemakmuran hingga tembus juga ke Jalan Ki Mangun Sarkoro.

“Alternatif ketiga, kalau di Jalan Pantura khususnya Jalan Jenderal Sudirman dan Posis sudah mulai padat, maka kami akan membuka Jalan Dr Cipto yang diarahkan ke Jalan Agus Salim hingga menyambung kembali ke Jalan Ki Mangun Sarkoro, Setono,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono, pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) dalam menghadapi Persiapan Pengamanan Lebaran Tahun 2022, bertempat di Aula Kantor Dishub setempat, Selasa (20/4/2022).

Sedangkan untuk jalur alternatif saat arus balik, ungkap Totok, sapaan akrab Slamet Prihantono, ada dua alternatif. Pertama akni melalui Exit Tol Setono, kemudian Perempatan Sokoduwet hingga tembus ke Mbendo masuk ke Jalan Urip Sumoharjo, Binagriya untuk kemudian diarahkan ke kiri sampai ketemu Jalan KH Ahmad Dahlan dan ke arah Jakarta.

Untuk alternatif kedua, diteruskan ke Jalan Wilis, Jalan Sriwijaya, sampai ketemu Jalan Gajahmada dan ke arah Jakarta. Disamping itu, petugas gabungan juga menyiapkan Rest Area pada saat arus mudik (Terminal Pekalongan) maupun arus balik (Eks Kantor Brimob Batalyon B Pelopor).