Lebaran, Volume Sampah Bisa Melonjak

by -
TUNJUKKAN - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Batang Akhmad Handy Hakim saat menunjukkan armada sepeda motor kontainer pengangkut sampah, November 2021 silam.

*DLH Siagakan 100 an Tenaga Kebersihan

BATANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang memprediksi akan ada lonjakan volume sampah pasca momen Hari Raya Idul Fitri 2022 dibanding hari biasa. Oleh karena itu, DLH Kabupaten Batang akan tetap menyiagakan tenaga kebersihan pada momen lebaran nanti. Ada sekitar 100 an orang yang disiagakan.

“Berkaca dari tahun tahun kemarin, volume sampah pasca lebaran mengalami peningkatan. Terlebih, tahun ini momen mudik sudah diperbolehkan, maka kami perkirakan kenaikan volume sampah bisa mencapai 40 persen lebih,” ujar Kepala DLH Kabupaten Batang, A Handy Hakim, kemarin.

Ia mengatakan, DLH akan menyiagakan tim kebersihan mulai H-1 lebaran hingga H+1 lebaran. Mereka siap jemput bola membersihkan sampah. “100 an tenaga kebersihan kami siagakan. Mulai malam lebaran dan H+1 Lebaran. Pada hari H nya mereka mungkin libur ya. Mereka sudah kami atur piketnya,” katanya.

Dijelaskan Handy, 100 an tenaga kebersihan itu terdiri dari lima armada dengan jumlah satu armada lima orang, sedang sisanya merupakan tenaga penyapu jalan.

“Tidak mungkin kalau tidak dibersihkan. Satu hari saja sampah tidak diambil, Batang bakal seperti apa. Maka DLH tidak libur, crew kami tetap jalan,” ungkapnya.

Dikatakan dia, pihaknya akan memfokuskan penanganan sampah lebaran pada wilayah Batang Kota. Sebab, pusat keramaian Kabupaten Batang berada di wilayah kota. Bahkan pihaknya akan menyiapkan satu tim khusus sapu jagad.

“Jadi nanti ada armada yang kami siapkan khusus untuk tim sapu jagad. Di mana satu armada ini kita gilir, dari satu tempat ke tempat lain, maka jika diperlukan armada ini akan menuju ke lokasi,” katanya. (fel)