Tarif Retribusi Sampah Dinilai Terlalu Kecil

by -
A Handy Hakim, Kepala DLH Batang

*Tingkatkan Kontribusi, DLH Dorong Perubahan Perda

BATANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang berharap agar tarif retribusi sampah di wilayahnya dapat dinaikkan. Hal itu diungkapkan Kepala DLH Kabupaten Batang, A Handy Hakim, saat ditemui Selasa (19/4/2022).

“Dari tahun 2011 tidak pernah ada kenaikan, nilainya sangat kecil sekali. Contoh misalkan perhotelan hanya Rp2.500 per tahun. Kemudian rumah tangga Rp500 per bulan, dan masih banyak sektor lain yang nominalnya juga kecil,” katanya.

Menurutnya, tarif itu harus segera dinaikkan. Mengingat, saat ini Kabupaten Batang sudah berubah menjadi daerah industri, maka harus bisa menangkap peluang yang ada di kawasan industri.

“Standarisasi nilai tarif retribusi sampah dapat mengacu daerah lain yang satu kelas dengan Batang. Nanti ada perhitungannya sendiri dari BPKPAD,” terang Handy.

Ia mengatakan, sejumlah sektor menyatakan siap apabila ditarik nominal hingga Rp1 juta. Namun tentunya, juga dibarengi dengan pelayanan yang baik. “Tentunya nanti kita harapkan pelayanan persampahan kita bisa meningkat dan ada penambahan untuk armadanya. Pokoknya kami upayakan pelayanan bisa tambah baik,” ujarnya.

Adapun, kata Handy, untuk merubah tarif retribusi itu diperlukan payung hukum yang kuat. Sedang saat ini, Peraturan Daerah yang mengatur retribusi persampahan masih masuk di dalam retribusi jasa umum.