Nglarisi Dodolan, Pemkab Batang Bagikan Ribuan Takjil Produksi UMKM

by
Putra bungsu Bupati Wihaji (kaos hitam) ikut terjun membagikan takjil pada pengguna jalan yang melintas.

BATANG – Ribuan takjil dibagikan Pemkab Batang kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas di jalan Ahmad Yani, Kecamatan Batang, Jumat (15/04/2022) sore.

Pada kegiatan yang juga serangkaian HUT Batang ke-57 itu, Bupati Wihaji bersama Ketua Penggerak PKK Kabupaten Batang, Uni Kuslantasi Wihaji terjun langsung membagikan takji yang merupakan hasil pembelian produk UMKM setempat.

“Pembagian takjil di bulan Ramadhan ini selain untuk menyambut HUT Kabupaten Batang, juga sebagai bagian dari nglarisi dodolan UMKM. Jadi kegiatan ini selain ada manfaatnya untuk masyarakat, juga membantu para pengusaha UMKM khususnya makanan yang ada di Batang,” ujar Bupati Wihaji disela-sela pembagian takjil.

Bupati Wihaji menjelaskan, jumlah takjil yang dibagikan sendiri sebanyak 4 ribu bungkus. Dengan total pembelian dari UMKM sekitar Rp50 juta. Sedangkan pembagiannya dilakukan secara langsung pada masyarakat maupun pengguna jalan yang melintas.

“Keberadaan UMKM sendiri saya yakini tidak pernah mati, meskipun dimasa Pandemi. Dan menjadi kewajiban pemkab untuk berpihak pada pelaku UMKM agar tetap berjalan, salah satunya dengan kegiatan ini kita larisi dodolannya sekaligus promosi produk mereka,” jelas Bupati didampingi Istri Uni Kuslantasi Wihaji.

Sejumlah warga dan pengguna yang yang mendapat pembagian takjil mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. “Alhamdulillah ada pembagian takjil yang bisa kita santap untuk berbuka. Semoga kegiatan ini bisa membawa berkah bagi yang membagikan ataupun yang menerima,” ungkap salah seorang pengguna jalan yang melintas di jalan Ahmad Yani, Riyan.

Disisi lain, sejumlah pelaku UMKM juga mengaku senang mendapat pesanan cukup banyak dari Pemkab Batang untuk membuat takjil.

“Alhamdulillah kita dapat pesanan cukup banyak dari Pemkab Batang, dan untuk memenuhinya, kita bekerjasama dengan sejumlah UMKM lainnya di Batang. Semoga kegiatan ini bisa membawa keberkahan bagi semua pihak,” jelas salah satu pelaku UMKM, Azizah Fitri Lestari.

Azizah menambahkan, empat macam takjil bubur, jajan, pasar dan minuman. Semuanya merupakan produksi UMKM di Batang. “Kita para UMKM sangat berterimakasih pada pemkab atas dukungan yang diberikan selama ini. Semoga kedepan UMKM di Batang bisa tambah maju lagi,” tandas Azizah. (don)