Kodim Pekalongan Canangkan 19 Desa menjadi Kampung Pancasila

by
Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin didampingi Danrem 071/Wijaya Kusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga beserta formkopimda saat prosesi pencanangan Kampung Pancasila di RW 12 Perumahan Binagriya, Kelurahan Medono, Pekalongan Barat, Kamis (14/4/2022) siang. Wahyu Hidayat

KOTA – Kodim 0710/Pekalongan secara serentak mencanangkan 19 desa di wilayah Kota maupun Kabupaten Pekalongan sebagai Kampung Pancasila, Kamis (14/4/2022). Salah satu yang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila adalah Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Pencanangan dilaksanakan di Perumahan Binagriya, RW 12 Kelurahan Medono. Turut hadir dalam kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila Kelurahan Medono, antara lain Danrem 071/Wijaya Kusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga beserta Ketua Persit KCK Koorcab Purwokerto, Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan beserta Ketua Persit KCK Cab XX, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin, Ketua DPRD Kota Pekalongan M Azmi Basyir, unsur forkopimda setempat, dan FKUB Kota Pekalongan serta para tamu undangan.

Kegiatan tersebut bertepatan dengan kunjungan kerja Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga yang baru menjabat sebagai Danrem.

Dalam sambutannya, Danrem menyampaikan ucapan rasa terima kasih dan terharu atas semua sambutan dari para hadirin dan segenap elemen masyarakat dalam rangka pencanangan Kampung Pancasila yang diselenggarakan di Kelurahan Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan.

Pencanangan Kampung pancasila merupakan program dari TNI AD yang diadakan di tiap-tiap Kodim melalui Koramil-Koramil di seluruh Indonesia dalam rangka merawat, menumbuhkembangkan kembali dan menyegarkan nilai-nilai Pancasila, serta untuk menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Tidak seremonial seperti ini saja, Kampung Pancasila ini nantinya ada program-program seperti kegiatan sosial gabungan tanpa memandang suku, agama, ras, adat-istiadat termasuk membantu upaya percepatan vaksinasi,” ungkap Danrem Yudha.

Ditambahkan Danrem, kegiatan ini merupakan salah satu prakarsa dari Kodim dibantu Polres dan Pemda serta seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan kampung Pancasila.

“Kami berharap, langkah ini tidak berhenti disini saja namun bisa mewarnai seluruh elemen masyarakat demi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan menyampaikan bahwa pencanangan Kampung Pancasila salah satunya di Kelurahan Medono Kecamatan Pekalongan Barat sebagai ikon untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah Kodim 0710/Pekalongan dimana masyarakat Indonesia penuh dengan kemajemukan mulai dari suku, adat, ras dan agama.

“Hari ini Kodim Pekalongan secara serentak mencanangkan 19 Desa di wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan sebagai Kampung Pancasila salah satunya di Kelurahan Medono Kecamatan Pekalongan Barat,” ujar Dandim.

“Semoga dengan pencanangan Kampung Pancasila ini perbedaan agama, suku, ras dan adat yang ada untuk mempererat persaudaraan sehingga dalam kehidupan bermasyarakat dapat berjalan harmonis, aman tentram dan nyaman,” imbuh Dandim. (way)