Dinarpus Ajukan Rp10 M untuk Bangun Perpustakaan Standar Nasional

by
PERPUSTAKAAN KELILING - Kegiatan perpustakaan keliling selama Ramadan ditiadakan dan kegiatan dialihkan untuk pembinaan menghadapi akreditasi.

KOTA – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpus) Kota Pekalongan tengah dalam proses untuk membangun perpustakaan berstandar nasional. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Dinarpus akan mengajukan anggaran sebesar Rp10 miliar.

Kabid Perpustakaan Dinarpus, Ismanto mengungkapkan, saat ini perpustakaan milik Kota Pekalongan masih terkendala terbatasnya lahan untuk memenuhi standar dengan luas hanya 1.500 meter persegi. Sementara standar idealnya yakni 8.000 meter persegi.

“Kami sudah dapatkan lokasi 2.100 meter untuk pembangunan gedung perpustakaan. Dapat berstandar nasional jika luasannya 2.400 meter. Jadi rencananya gedung perpustakaan ini akan dibangun 3 lantai,” jelas Ismanto.

Ismanto berharap pengajuan pemindahan gedung berstandar nasional di Tirto yakni di sebelah Selatan Kecamatan Barat ini segera terwujud. Progresnya sampai saat ini sudah dapat anggaran DED untuk rancang bangunan. “Kami sudah ekspos ke wali kota beserta jajarannya terkait rencana yang sudah dibuat,” kata Ismanto.

Ismanto menyebutkan bahwa pihaknya akan mengajukan dana ke pusat Rp10 miliar. Dengan mendapatkan gedung yang berstandar otomatis perpustakaan daerah akan lebih lengkap dalam melayani masyarakat. “Nantinya bisa ada ruang untuk pelatihan literasi masyarakat, koleksi dan taman untuk perpustakaan anak, perpustakaan yang ramah untuk disabilitas, ruang laktasi, ada audio visual atau gedung teaternya, tersedia komputer untuk layanannya, dan sebagainya,” katanya.

Pihaknya saat ini juga tengah menyiapkan akreditasi dengan melakukan pembinaan ke perpustakaan di tingkat sekolah, perguruan tinggi maupun perpustakaan miik masyarakat agar juga bisa memenuhi standar baik dari jumlah koleksi, penataan dalam registrasi buku yang tepat, kelengkapan katalog, administrasi, dan pustakawannya.

“Perpustakaan keliling sama Ramadan ini kami tindakan dan dialihkan dengan kegiatan pembinaan menghadapi akreditasi perpustakaan. Yang sesuai indikator nanti kami siapkan akreditasi dan usulkan ke pusat untuk diverifikasi,” tandasnya.(nul)