Hasil Budidaya Kelompok Wanita Tani Disulap Jadi Berbagai Produk

oleh -
PRODUK OLAHAN - Hasil budidaya dari KWT diolah menjadi berbagai prodk olahan yang bernilai tinggi

KOTA – Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan di level terbawah yakni kelurahan.

Kelompok Wanita Tani tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan tetapi juga berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Melalui wadah ini, para anggota kelompok yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga diberikan keterampilan serta diberdayakan sehingga mampu mengolah pangan secara mandiri bahkan menghasilkan produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Salah satu anggota KWT kenanga indah kelurahan Jenggot, Yuyuk menyampaikan bahwa kelompoknya sudah terbentuk sejak tahun 2017 lalu. Terkait jumlah anggota yang telah bergabung dengan kelompok wanita tani kenanga indah sebanyak 34 orang.

“Kelompok wanita tani kenang indah sudah dibentuk dari tahun 2017, dahulu namanya KRPL kenanga, sekarang ganti nama menjadi KWT kenanga indah, sampai saat ini kita ada 34 orang sebelumnya ada 30 orang ada penambahan 4 orang,” ujar Yuyuk saat menghadiri kegiatan di kantor Dinperpa Kota Pekalongan belum lama ini.