Yuk Isi Ngabuburit dengan Kegiatan Berikut Ini

by

Ramadan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim. Dengan 30 hari berpuasa, Ramadan diisi dengan banyak hal seperti salat tarawih, sahur, buka bersama, dan pastinya ngabuburit. Hanya berlangsung satu kali dalam setahun, Ramadan ditutup dengan merayakan Hari Raya Idul Fitri yang identik dengan momen silaturahmi keluarga, serta ketupat dan opor.

Sambil mengisi waktu luang saat berpuasa, muslim memiliki banyak kegiatan untuk dilakukan, beberapa di antaranya adalah mengaji dan ngabuburit. Ngabuburit atau mengisi waktu menjelang buka puasa adalah hal menyenangkan bagi umat muslim. Selain menunggu waktu untuk berbuka, biasanya mereka mengisinya dengan agenda wajib yang dilakukan khas bulan Ramadan.

Ngabuburit selalu terasa seru karena waktu berpuasa hanya tinggal hitungan jam. Anda bisa melakukan banyak kegiatan untuk mengisi waktu ngabuburit. Yuk, intip kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengisi ngabuburit!

1. Membuat Hidangan Berbuka

Menunggu buka puasa sebaiknya diisi dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Alih-alih tidur, Anda bisa meluangkan waktu ngabuburit dengan membuat hidangan berbuka. Banyak resep yang ada di internet untuk membuat hidangan berbuka seperti kolak, sop buah, biji mutiara, gorengan, dan lain-lain. Selain menghemat budget, membuat hidangan berbuka sendiri pasti lebih nikmat jika dibandingkan dengan membelinya di luar. Anda dapat berkreasi sendiri untuk menu yang ingin Anda makan dan hidangkan. Cobalah untuk membuat hidangan berbuka dengan keluarga Anda agar terasa lebih menyenangkan dan bisa berbagi tugas.

2. Membeli Takjil

Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk membuat hidangan berbuka, membeli takjil di luar adalah solusinya. Selama bulan Ramadan, akan ada banyak pedagang yang menjajakan dagangan mereka di pinggir jalan, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Dagangan yang ditawarkan juga tersedia cukup beragam, seperti kolak, gorengan, kue-kue manis, dan berbagai makanan yang biasanya hanya dijual saat bulan Ramadan. Selain itu, harga takjil yang ditawarkan pun juga relatif terjangkau. Biasanya, setengah jam sebelum waktu berbuka banyak dagangan yang sudah habis. Jadi, sebaiknya Anda membeli takjil tidak pada jam-jam yang terlalu dekat dengan waktu berbuka, untuk menghindari habisnya takjil dan dagangan lainnya.

3. Menonton Film Islami

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk menyatu dengan atmosfer Islami. Untuk itu, Anda bisa menonton film yang bernuansa Islami selagi menunggu waktu berbuka puasa. Anda dapat menyetel film melalui TV Polytron, laptop, ataupun ponsel. Tontonlah bersama keluarga dan pilihlah film seperti Ayat-Ayat Cinta, Bulan Terbelah di Langit Eropa, Hafalan Sholat Delisa, dan film lainnya. Selain untuk mengambil makna dari film tersebut, Anda dapat menciptakan rasa kebersamaan dengan meluangkan waktu bersama keluarga.

4. Tadarusan dan Menghafal

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengisi waktu luang dengan membaca ayat–ayat suci Al-Quran. Pada bulan yang penuh berkah ini, sangatlah dianjurkan bagi umat Muslim untuk menambah pahala dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Sambil menunggu berbuka, alangkah baiknya jika Anda melakukan tadarus dan menambah hafalan surat yang baru. Melakukan kegiatan-kegiatan ini akan membuat Ramadan Anda terasa lebih berkah dan positif. Anda juga dapat melakukan tadarusan bersama keluarga selama 30 hari untuk menciptakan kebersamaan dengan kegiatan yang positif.

5. Melakukan Olahraga Ringan

Meskipun berpuasa, bukan berarti Anda tidak bisa menjalani olahraga. Walaupun kadar air di dalam tubuh kita berkurang, Anda dapat melakukan olahraga ringan sambil menunggu jam berbuka puasa. Lakukanlah jogging ringan di sekitar rumah sehingga Anda tidak akan terlalu merasa haus.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga kecil yang bisa dilakukan di rumah seperti sit up, push up, plank, dan lain-lain. Olahraga saat berpuasa berfungsi untuk melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan berlebih, membuat tubuh lebih sehat, dan berbagai manfaat lainnya. Jadi, pastikan untuk tetap sehat dan bugar selama berpuasa dengan melakukan olahraga ringan.

6. Membaca Buku

Mengisi waktu luang memang paling tepat digunakan untuk membaca buku yang mana juga bisa menjadi alternatif agar kita tidak bosan menunggu. Anda dapat membaca buku untuk mengisi ngabuburit dengan bacaan yang santai, menarik, ataupun yang bisa menambah ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku juga dapat menghilangkan stres sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai aktivitas ngabuburit. Buku yang dibaca bisa beragam, mulai dari komik, novel, dan lain-lain.

7. Melakukan Pekerjaan Rumah

Ngabuburit bisa diisi juga dengan melakukan pekerjaan rumah. Anda bisa menyapu, membereskan barang-barang, ataupun sekedar membantu untuk menyiapkan menu berbuka puasa di atas meja. Dengan melakukan pekerjaan rumah biasanya waktu terasa lumayan cepat sehingga waktu berbuka pun akan terasa semakin cepat. Selain itu, melakukan pekerjaan rumah juga bisa dilakukan agar rumah Anda menjadi lebih bersih dan tertata.

8. Mendengarkan Ceramah

Menambah ilmu baru juga bisa didapatkan dengan mendengarkan ceramah. Selain itu, mendengarkan ceramah juga memiliki fungsi agar batin kita lebih dekat dengan Sang Pencipta. Mendengarkan ceramah bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat cocok untuk melakukan ngabuburit. Kegiatan ngabuburit memang sepatutnya dilakukan dengan kegiatan yang bermanfaat agar puasa menjadi lebih berkah dan menambah pahala. Itulah 8 rekomendasi kegiatan ngabuburit yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat!