Tenang, Vaksinasi Saat Puasa Tetap Aman

oleh -
BOOSTER - Bupati Wihaji saat memantau pelaksanaan vaksinasi booster yang ada di PSC 119 Dinkes Batang, belum lama ini.

BATANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Batang memastikan pelaksanaan vaksinasi saat bulan Ramadan tetap aman. Hal ini seperti ditegaskan Kepala Dinkes Batang, Didiet Wisnuhardanto saat diwawancarai pada Senin (4/4/2022).

Menurut Didiet, masyarakat tidak perlu khawatir terkait keamanan vaksin saat berpuasa. Yang terpenting jika akan vaksin, bagi yang berpuasa diwajibkan untuk sahur sebelum vaksin. “Vaksin saat berpuasa aman seperti di hari biasanya. Yang jelas jangan lupa sahur ketika hari itu mau vaksin,” ujarnya.

Didiet menyebut hingga saat ini capaian vaksinasi sudah menembus 87,74 persen, atau sekitar 545.982 dosis. Sedangkan untuk vaksinasi lansia sudah menembus angka 74,54 persen atau sekitar 50.986 dosis.

Ia mengimbau masyarakat yang dijadwalkan untuk vaksin lanjutan, ataupun ingin vaksin dosis pertama bisa mendatangi faskes terdekat.

Di sisi lain, Kepala Kantor Kemenag Batang, M Aqsho juga memastikan jika vaksin tidak membatalkan puasa. Sehingga masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi diharap untuk bisa mengikuti vaksin.

“Jadi jangan khawatir, karena vaksin aman dan halal. Serta tidak membatalkan puasa,” pungkasnya. (nov)