Operasi Pekat Digencarkan selama Ramadan

by
OPERASI - Satpol P3KP mengintensifkan operasi untuk mengantisipasi pekat selama Ramadan.

KOTA – Guna mengantisipasi penyakit masyarakat (pekat) dan mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri 1443 Hijriyah, Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP) Kota Pekalongan terus mengintensifkan kegiatan patroli dan operasi pekat ke sejumlah titik lokasi di Kota Batik.

Kasatpol P3KP Kota Pekalongan, Sriyana mengungkapkan bahwa pelaksanaan operasi pekat ini sudah dimulai sejak awal Bulan April lalu menjelang datangnya Bulan Puasa Ramadan dalam rangka memberikan rasa tenang dan aman kepada masyarakat selama melaksanakan ibadah puasa.

Menurutnya, kegiatan ini biasanya dilaksanakan mulai ba’da Salat Tarawih atau sekitar pukul 20.00 WIB hingga selesai dengan bersinergi bersama jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan dan kepolisian dari Polres Pekalongan Kota.

“Adapun sasaran yang dituju diantaranya hotel-hotel, penginapan, kost-kostan, tempat-tempat yang disinyalir menjadi lokasi grumungan dan tongkrongan maupun bentuk usaha atau kegiatan yang menyerempet dengan pekat,” tutur Sriyana, Senin (4/4/2022).

Sriyana menyebutkan, selama operasi pekat berlangsung beberapa hari ini, belum ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang signifikan, hanya pelanggaran kecil berupa teguran maupun sanksi administratif di tempat. Kendati demikian, pihaknya bersama tim gabungan akan terus melakukan upaya pengecekan dan penyisiran rutin setiap malam untuk menciptakan kondisi dan situasi keamanan dan ketertiban di Kota Pekalongan.