Vaksinasi Tetap Dilaksanakan Selama Ramadan

oleh -
VAKSINASI BERHADIAH- Pemkot Pekalongan dibantu personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa melaksanakan percepatan vaksinasi kepada lansia secara door to door sembari menyerahkan hadiah berupa minyak goreng.

KOTA – Upaya percepatan capaian vaksinasi terus didengungkan oleh Pemerintah Kota Pekalongan diharapkan capaian vaksinasi akan lebih maksimal menjelang hingga selama bulan Suci Ramadan ini. Sebagai informasi, vaksinasi booster merupakan salah satu persyaratan bagi masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik lebaran nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, mengungkapkan bahwa, saat ini Kota Pekalongan tengah menggenjot cakupan vaksinasi lansia. Ia menyebutkan, per akhir Maret 2022, vaksinasi dosis 1 untuk lansia sudah mencapai 70,6 persen, sementara untuk dosis 2 lansia sudah 61,4 persen. Kemudian, dalam menghadapi bulan Suci Ramadan akan tetap dilaksanakan langkah-langkah antisipasi penyebaran Covid-19 agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dengan baik, sehingga laju Covid-19 tetap dapat dikendalikan.

“Jadi target 60 persen dan 70 persen ini sudah tercapai, tetapi memang di akhir bulan April besok, kita diharapkan vaksinasi dosis kedua bisa sampai 70 persen, sehingga saat ini memang kita berusaha untuk melakukan akselerasi vaksinasi,” tutur Budi, Kamis (31/3/2022).

Budi mengakui bahwa, selama puasa ada kendala, mengingat belum semua masyarakat bisa menerima dengan baik ketika dilakukan vaksinasi. Mengingat, sebagian masyarakat masih beranggapan khawatir jika nantinya ada efek samping yang mungkin akan menyebabkan yang bersangkutan tidak kuat dan akhirnya batal puasanya.