Tempati Bahu Jalan, Puluhan Pedagang Ditertibkan

by
DITERTIBKAN - Puluhan pedagang yang berjualan di bahu jalan Pasar Condong atau yang biasa disebut Pasar Longopan di Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri, ditertibkan.

*Diminta Pindah ke Pasar Relokasi

KENDAL – Dinilai mengganggu pengguna jalan, puluhan pedagang yang berjualan di bahu jalan Pasar Condong atau yang biasa disebut Pasar Longopan di Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri, Kamis (31/3/2022) pagi kemarin ditertibkan. Penertiban dilakukan oleh petugas gabungan terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kendal, jajaran Polsek Weleri dan Koramil Weleri.

Penertiban dilakukan petugas gabungan secara humanis dengan menghimbau dan meminta para pegadang yang berjualan di bahu jalan dan sekitar rel kereta api untuk segera mengemasi barang dagangannya.

Kepala Satpol PP Kendal, Subarso mengatakan, para pedagang yang ditertibkan adalah mereka yang berjualan di bahu jalan dan di sekitar rel kereta api. “Kami menertibkan pedagang yang mengganggu pengguna jalan. Kalau pedagang di dalam pasar yang sudah menetap tidak masalah,” katanya.

Pihaknya akan melakukan penertiban setiap hari sehingga jalan sekitar Pasar Longopan menjadi tertib dan aman bagi pengguna jalan yang melintas dan tidak membahayakan. Bagi pedagang yang ditertibkan supaya bisa segera menempati pasar relokasi yang telah disediakan oleh Pemkab Kendal. “Akan dilakukan patroli tiap hari. Kalau sudah ditertibkan ya jangan kembali mangkal di bahu jalan, demi ketertiban dan keamanan bersama,” pesan Subarso.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop) Kendal, Ferinando RAD Bonay mengatakan, sebagian besar pedagang yang ditertibkan di Pasar Longopan merupakan para pedagang yang sebelumnya berjualan di Pasar Weleri I yang terbakar namun belum menempati pasar relokasi.