Jaga Keadilan Pemilu, Bawaslu Rangkul Kelompok Disabilitas

by
GANDENG - Bawaslu Batang menggandeng kelompok disabilitas Batang untuk aktif dalam pengawasan partisipatif.

BATANG – Bawaslu Kabupaten Batang menggelar sosialisasi pengawasasan partisipatif kelompok sasaran disabilitas di Kabupaten Batang, Rabu (23/3/2022). Sosialisasi ini dalam upaya mengawal dan menjaga keadilan pemilu di seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali kelompok minoritas disabilitas dengan ragam disabilitasnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Bawaslu Batang dengan Dinsos Batang. Bawaslu turut menggunakan penerjemah bahasa isyarat dalam sosialisasi agar memudahkan komunikasi.

“Sinergi antara Bawaslu Kabupaten Batang dan Dinas Sosial Kabupaten Batang ini adalah upaya kami dalam menjaga keadilan pemilu bagi kaum disabilitas khususnya di Kabupaten Batang, diharapkan agar hak pilih yang memiliki keterbasan fisik tetap tersalurkan saat pelaksanaan pemilu dan pilkada mendatang agar terwujudnya pemilu kita yang bersih dan bermartabat,” ujar Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur.

Kepala Dinsis Batang, Joko Tetuko, mengapresiasi inisiatif Bawaslu yang merangkul kelompok disabilitas agar mengetahui hak-haknya sebagai warga negara itu sama dengan masyarakat pada umumnya. “Hak suara yang sama dalam menentukan pilihan, menentukan pemimpin ke depan,” ujar Joko.

Senada, narasumber dari kelompok disabilitas, Mohamad Hikmat juga memotivasi kepada peserta bahwa hak politik mereka juga sama dengan yang lainnya. Hak suara disabilitas juga bisa menentukan masa depannya.