2022, Kunjungan Wisata Ditarget Tembus 600 Ribu

by
Dico M Ganinduto, Bupati Kendal

KENDAL – Pada tahun 2022-2023, Pemerintah Kebupaten Kendal akan fokus pada pembangunan infrastruktur dan mensinergikan antar destinasi wisata untuk pengembangan wisata di Kabupaten Kendal. Guna mewujudkannya dibutuhkan peran dinas terkait bersama para pemerhati wisata untuk membuat suatu wadah agar semua wisata di Kendal terintegrasi.

“Strategi pengembangan wisata Kendal sudah disiapkan. Kami perbaiki dulu infrastrukturnya, baru diintegrasikan. Dibutuhkan wadah yang harus dibuat untuk menampung ide-ide kemajuan wisata,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, kemarin.

Dico berharap besar bahwa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kendal bisa dikenal di kancah nasional hingga internasional. Baik wisata berbasis religi, bahari, maupun agro wisata atau wisata alamnya. Dalam satu tahun terakhir ini terjadi tren pertumbuhan wisatawan. Jumlah wisatawan yang terdata pada tahun 2020 tercatat mencapai 420 ribuan orang. Jumlah ini bertambah cukup signifikan pada 2021 menjadi 499 ribu wisatawan, atau naik 70 ribuan orang dalam setahun.

“Tahun 2022 ini jumlah wisatawan ditargetkan bisa tembus 600 ribu orang dalam setahun guna mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Kendal. Kami akan support penuh pelaku usaha wisata. Infrastrukturnya kami support, pemasarannya juga akan kami bantu. Konten-konten kreatif yang bisa mengundang minat wisatawan mampir ke Kendal sangat ibutuhkan,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disporapar Kendal, Ircham Chalid mengatakan, ada 70 tempat wisata di Kabupaten Kendal. Sebagian di antaranya tergolong wisata baru, namun sudah maju, seperti Pantai Indah Kemangi (PIK) di Kecamatan Kangkung, Omahe Opa di Kecamatan Patean, dan Santosa Stable di Kecamatan Boja. Adapun PIK berada dibawah pengelolaan Bumdes Desa Jungsemi omzetnya bisa mencapai Rp 100 juta per bulan.

“Dari wisata yang ada, beberapa tempat wisata kini masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Seperti di Desa Tampingan, Bebengan, Kaligading, dan beberapa lokasi lainnya. Wisata tersebut menyuguhkan kuliner, wisata alam, hingga wisata buatan,” katanya. (lid)