Januari-Maret, 78 PGOT Diamankan

by -
AMANKAN - Tim gabungan terdiri dari Dinas Sosial Kendal, Satpol PP serta pekerja sosial masyarakat melakukan razia pengemis gelandangan dan orang terlantar (PGOT).

Selama razia PGOT sejak awal Januari hingga Maret 2022 ini, pihaknya telah mengamankan 78 orang. Yang ditampung di bangsal ODGJ, baik hasil razia Satpol PP maupun kiriman dari masyarakat ada 32 orang. “Selama kita melakukan operasi bersama Satpol PP dari bulan Januari sampai Maret ini ada sekitar 78 orang yang diamankan,” ungkap Toni.

Razia PGOT ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Pekerja Sosial Internasional yang diperingati tiap hari Selasa pekan kedua setiap bulan Maret. Kegiatan lainnya adalah bagi-bagi masker dan vitamin dan pembersihan rumah warga tidak mampu.

Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kendal, Budi Setiawan mengatakan, para pekerja sosial ini tugasnya membantu pemerintah dalam penanganan sosial, seperti PGOT, bedah rumah warga tidak mampu, dan penanganan ODGJ.

“Tugas kami membantu pendampingan sosial, antara lain pendampingan orang-orang yang terlantar, orang gangguan jiwa tanpa identitas, bantu bedah rumah, termasuk asesmen orang-orang disabilitas supaya mendapatkan penanganan yang baik,” jelasnya.

Peringatan Hari Pekerja Sosial Internasional ini untuk menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa menyampaikan laporan, jika sewaktu-waktu memerlukan bantuan dan tanpa dipungut biaya apapun. (lid)