Jaga Populasi Ikan di Sungai Blorong, 15 Ribu Benih Ditebar

by -
TEBAR BENIH - KFC bersama BKM Ketapang Kota Kendal menebar 15.000 benih ikan ditebar di Sungai Blorong.

KENDAL – Sebanyak 15.000 benih ikan karper, nila, dan bawal ditebar di Sungai Blorong oleh Kendal Fishing Community (KFC) bersama BKM Ketapang Kota Kendal, Senin (21/3/2022). Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian untuk menjaga ekosistem sungai dengan meningkatkan populasi ikan di perairan umum.

Ketua KFC, Doni Saputra mengatakan, tebar benih ikan untuk melestarikan ikan yang ada di Sungai Blorong. Harapannya ekosistem sungai selalu tejaga dan bisa dinikmati oleh warga di kemudian hari. “Juga untuk sarana wisata mancing air tawar sembari menikmati keindahan sungai yang sudah ditata dengan baik,” katanya.

Menurut Doni, manfaat dari tebar benih ini yakni meningkatkan jumlah populasi ikan di perairan umum sekaligus melestarikan keberagaman ikan air tawar di Sungai Blorong. Pihaknya juga berupaya meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi masyarakat.

“Pada akhirnya, tebar benih ikan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar peraian umum melalui peningkatan pendapatan dan kesempatan kerja tambahan di sektor perikanan,” terangnya.

Pihaknya juga berharap agar masyarakat bisa bersama-sama menjaga keberlangsungan ekosistem ini dengan baik dan tidak melakukan aksi setrum ikan dan menabur racun ke dalam Sungai Blorong.

Ketua BKM Ketapang, Amin Nurwito mengatakan, langkah KFC menabur benih ikan di sungai Blorong sangat bagus. “kita punya planing untuk memajukan UMKM bisa berjualan di sekitar sungai Blorong. Kebetulan ada lokasi yang menarik sembari melihat sungai dan jalan raya jadi akan kita kembangkan,” katanya. (lid)