Kembangkan Kepariwisataan, Badan Otorita Borobudur Jalin Sinergi dengan Pemkab Batang

by -
Bupati Wihaji menyerahkan cinderamata kepada Dirut Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita.

BATANG – Badan Otorita Borobudur (BOB) menjajaki kerjasama pengembangan kepariwisataan dengan Pemkab Batang. Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Objek Wisata Candi Borobudur yang sudah ditetapkan sebagai wisata super prioritas di Jawa Tengah dan wisata di daerah pendukung.

“Kita akan bersinergi dibeberapa tugas dalam pengembangan destinasi pariwisata super prioritas Borobudur,” ungkap Dirut Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita usai menggelar pertemuan dengan Bupati Batang, Wihaji di ruang Abirawa Pemkab Batang, Senin (21/03/2022).

Indah Juanita menjelaskan, supporting dari pariwisata Borobudur sendiri ada di 30 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena itulah, seluruh daerah dan BOB harus bersama-sama dalam pengembangan promosi wisata Borobudur sendiri dan juga daerah-daerah pendukung.

“Potensi wisata di Kabupaten Batang sendiri luar biasa banyak, cuma kurang ‘narsis’. Nanti kita sama-sama bikin narsis agar lebih terpromosikan lebih luas lagi potensi wisata yang ada di Batang ini,” jelas Indah Juanita.

Lebih lanjut dijelaskan, BOB telah menjalin kerjasama dengan Kabupaten Kulonprogo dan Temanggung. Untuk Kabupaten Batang sendiri selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan melakukan MoU dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Untuk MoU kerjasama sendiri sudah ada drafnya, dan ini berlaku sama dengan kabupaten dan kota yang lain. Sedangkan salah satu bentuk kerjasama adalah pendukungan peningkatan kapasitas SDM pariwisata, karena kadang-kadang untuk hospitality dibeberapa daerah masih kurang, nah itu yang akan kita bantu. Jadi dari kami akan sama-sama memberikan pendukungan untuk pengembangan wisata dan kunjungan wisatawan,” jelas Indah Juanita.

Ditambahkan, pihak BOB akan bersinergi dengan 30 kabupaten dan kota di Jateng serta DIY agar bisa besar bersama-sama agar bisa membawa manfaat bagi masyarakat. “Sinergi ini harus bisa membawa manfaat bagi daerah dan masyarakat,” tandas Indah.

Bupati Batang, Wihaji mengatakan kawasan wisata super prioritas Borobudur bekerjasama dengan daerah penyangga untuk bersama-sama mensupport kunjungan pariwisata yang semangatnya every body happy, yang wisata senang dan yang dikunjungi juga senang.

“Kita siap bersinergi dengan Badan Otorita Borobudur dalam pengembangan pariwisata, termasuk ekonomi kreatifnya. Secara teknis nanti akan dibahas melalui OPD terkait,” kata Bupati Wihaji.

Bupati menambahkan, nilai tambah dari adanya sinergi ini adalah saling membesarkan dalam pengembangan pariwisata. “Dengan adanya sinergi ini maka wisata yang ada di Batang juga diharapkan dapat ikut dipromosikan. Borobudur ini kan tamunya banyak dari mancanegara, diharapkan wisata di Batang juga ikut dipromosikan kepada tamu-tamu tersebut. Mengingat di Batang banyak potensi wisata yang menarik dan layak dikunjungi wisatawan mancanegara,” beber Wihaji.

Pada kesempatan itu Bupati Wihaji juga meminta agar pihak Badan Otorita Borobudur bisa membantu pengembangan desa wisata. “Kita minta bimbingan dari beliau yang sudah mempunyai pengalaman dalam menata dan mengembangkan desa wisata, dan kita siap ATM atau Amati Tiru dan Modifikasi. Semoga dengan adanya kerjasama ini, pariwisata Batang bisa lebih maju,” pungkas Wihaji. (don)