Staf Ahli se Jateng Bahas Isu Pariwisata dan UMKM

by -
RAKOR FORSAKADA - Pemkab Kendal menjadi tuan rumah Rakor Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) Jawa Tengah.

*Kendal Dipilih jadi Tuan Rumah

KENDAL – Pemkab Kendal menjadi tuan rumah Rakor Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) Jawa Tengah. Rakor digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Selasa (15/3/2022) malam. Kegiatan selama dua hari, selain rapat-rapat, juga melakukan kunjungan di beberapa tempat wisata di Kendal.

Rakor mengangkat tema “Pengembangan Pariwisata dan Strategi Peningkatan UMKM di Kendal”. Rakor diikuti 150 Staf Ahli kepala daerah se Jawa Tengah dan dibuka oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto. Rakor membahas isu-isu strategis pembangunan yang bisa dijadikan acuan untuk diaplikasikan di daerah masing-masing, terutama dalam pengembangan pariwisata dan UMKM.

Sambutan tertulis, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno disampaikan oleh Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso mengatakan, rakor digelar untuk memberdayakan tupoksi Staf Ahli Kepala Daerah yang sudah banyak berpengalaman dalam menjalankan pemerintahan daerah. “Staf Ahli itu bisa dijadikan peran utama sebagai partner kerja bagi kepala daerah dan bagi pemimpin daerah yang ada,” katanya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, Staf Ahli memiliki peran yang penting, karena bisa memberikan masukan untuk lintas OPD. “Staf Ahli yang ada di Jawa Tengah ini bisa menjadi koordinator terkait dengan penyelesaian permasalahanya yang meliputi lebih dari satu OPD atau lintas OPD,” katanya.

Sementara itu, agenda hari kedua Rakor Forsakada Jateng ini antara lain diisi dengan melakukan kunjungan ke objek wisata Curugsewu dan wisata Omahe Opa serta Kawasan Industri Kendal (KIK). (lid)