SMPN 3 Batang Siapkan Potensi Wirausahawan Muda Baru

by
BAZAR - Para guru dan siswa SMPN 3 Batang saat mengunjungi bazar pelajar yang ada di sekolahnya.

Batang – SMPN 3 Batang menggelar bazar pelajar, Jumat (11/3/2022). Melalui kegiatan ini, mereka berharap dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di dunia bisnis.

Di sisi lain, kegiatan tersebut juga untuk mengeksplor krmampuan anak dalam prakarya, khususnya di mata pelajaran tata boga.

Kepala SMPN 3 Batang, Bambang Purwantyono mengatakan, bazar ini digelar untuk menampilkan kreativitas anak didik dan bukan untuk dilombakan. “Antar kelas dan kelompok itu menunya beda-beda. Supaya adik-adik kelasnya itu mengenal dan mengetahui cara mempraktikkan teori yang selama ini dipelajari dari para guru,” katanya, saat meninjau bazar pelajar di halaman SMPN 3 Batang, Jumat (11/3/2022).

Selain untuk mengeksplor potensi terpendam, bazar ini melatih agar anak mampu mengatur keuangan, mulai dari belanja modal, sampai menjual produk olahannya dan mendapat keuntungan, berapa pun hasilnya. “Keuntungannya akan masuk ke masing-masing kelompok karena modalnya dari mereka sendiri,” ungkap Bambang.

Ia menambahkan, di masa pandemi siswa tidak dapat memperoleh pembelajaran secara maksimal. Maka kemandirian anak bisa dilatih dalam sebuah kelompok. Ke depan diharapkan para siswa punya potensi sebagai wirausahawan, sehingga dapat dikembangkan lebih optimal.

Salah satu peserta bazar, Audiarasti Pratamaningtyas siswi kelas 8 mengatakan, sejak beberapa tahun ini sudah berdagang makanan kecil secara online. “Bazar pelajar ini pasti menambah kemampuan berbisnis. Tapi ketika sudah terjun ke dunia bisnis harus pintar promosi, nama produk dibuat seunik mungkin, kemasan dan harganya harus menarik serta bersaing,” ujar dia. (nov)