Ratuan Pelanggaran Terekam Tilang Elektronik

by
Kasatlantas Polres Pekalongan Kota, AKP Tri Handayani.

*Selama Ops Keselamatan Candi

KOTA – Selama pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi tahun 2022 yang digelar 1-14 Maret 2022, jajaran Polres Pekalongan Kota mencatat ada lebih dari 900 pelanggaran yang terekam dalam sistem kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Baik melalui kamera yang terpasang di simpul lampu lalu lintas maupun di helm anggota Satlantas Polres Pekalongan Kota.

“Untuk ETLE, khususnya dari tanggal 1-10 Maret 2022, kami sudah menjaring sekitar 900an pelanggaran yang didominasi karena mereka melanggar tidak menggunakan helm saat berkendara dan bonceng dua. Dalam sistem ETLE itu langsung tercapture dengan kamera baik yang dipasang di simpul-simpul titik traffic light, helm petugas kepolisian Satlantas maupun mobil patroli Go Sikap,” ungkap Kasatlantas Polres Pekalongan Kota, AKP Tri Handayani.

Meski kegiatan tilang secara stationer ataupun patroli lainnya di lokasi tidak ada, AKP Tri mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib menaati peraturan lalu lintas, tidak menggunakan knalpot tidak berstandar (knalpot brong), menghindari menggunakan kendaraan angkutan Over Dimension Over Loading atau ODOL, dan selalu taat mematuhi protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19.

“Imbauannya untuk menjelang Operasi Ketupat Candi, mulai sekarang masyarakat harus benar-benar mempersiapkan. Jangan sampai memberikan efek tidak nyaman kepada pengguna jalan lain, dengan mengurangi penggunaan knalpot yang tidak standar atau Over Dimension Over Loading atau ODOL. Taati peraturan lalu lintas untuk menekan sekecil mungkin angka kecelakaan. Kalau ditemukan pelanggaran penggunaan knalpot brong di tempat, kami akan membikin imbauan secara humanis agar mereka mengganti dengan knalpot yang standar,” tandasnya.(way)