Sudah Vaksin, Penumpang KA Tak Wajib PCR Atau Antigen

oleh -

KOTA – Terhitung mulai Rabu (9/3/2022), penumpang kereta api (KA) jarak jauh dsn menengah yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua atau lengkap ataupun dosis ketiga (booster), tidak lagi diwajibkan menunjukkan hasil tes Antigen maupun PCR.

Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, menuturkan aturan baru ini menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Maret 2022.

“Untuk KA jarak jauh dan menengah, penumpang yang sudah vaksin dua kali ataupun booster tidak diwajibkan PCR ataupun Antigen. Namun, penumpang yang masih vaksin dosis pertama, tetap wajib menunjukkan hasil PCR atau Antigen. Demikian pula penumpang dengan komorbid, wajib menunjukkan surat keterangan dokter dan wajib PCR atau Antigen,” kata Krisbiyantoro, Rabu (9/3/2022).

Dia menjelaskan, hasil negatif tes PCR berlaku 3 x 24 jam, sedangkan hasil Antigen berlaku 1 x 24 jam. Sementara, anak di bawah usia 6 tahun tidak wajib vaksin maupun PCR atau Antigen, namun wajib didampingi orang tua.