Dinsos Bentuk KSB dan TMS

by
TAGANA MASUK SEKOLAH: Dinsos bentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS).

UNTUK meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga menghadapi kerawanan, kerentanan dan risiko bencana, Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS).

Kegiatan dipusatkan di Desa Karangjompo, Kecamatan Tirto, tepatnya di SMPN 03 Tirto, sedangkan kegiatan TMS dilaksanakan di 10 sekolah dan Ponpes di Kecamatan Tirto, Kecamatan Wiradesa dan Kecamatan Bojong, dengan jumlah peserta 100 orang di setiap lokasi.

Kepala Dinas Sosial, Rachmawati, berharap agar KSB dan TMS, dapat melembagakan proses kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, mengurangi dampak bencana, dan mengorganisir potensi masyarakat terlatih siaga bencana.

Ditambahkan Rachmawati, melalui program KSB dan TMS kedepan dapat terbentuk unit khusus siaga bencana berbasis masyarakat di setiap kecamatan sebagai front liner, menjamin kesinambungan (sustainable) proses kesiapsiagaan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, memperkuat integrasi sosial melalui peningkatan intensitas dan kualitas interaksi sosial masyarakat, serta masyarakat memiliki kemampuan mengelola sumber daya manusia, wilayah, potensi dalam penanggulangan bencana. (had)