Prokes di Sejumlah Sekolah Belum Maksimal

by
SIDAK - Petugas Satpol P3KP bersama TNI-Polri saat melakukan sidak ke sejumlah sekolah untuk memastikan penerapan prokes dalam KBM.

*Satpol Sidak Prokes di Sekolah

KOTA – Satuan Polisi Pamong Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP) Kota Pekalongan didukung TNI-Polri terus melaksanakan sidak di sejumlah sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan maupun Kantor Kemenag. Sidak ini digelar rutin untuk memantau dan mengevaluasi jalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) yang sesuai dengan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di lingkungan sekolah agar tidak terjadi klaster penularan Covid-19.

Plt Kasatpol P3KP Kota Pekalongan, Agust Marhaendayana mengungkapkan, sidak ke sekolah-sekolah ini lebih difokuskan sebagai tupoksi polisi sekolah dan penegakkan daerah (gakda) yang lebih humanis agar selama pelaksanaan PPKM dalam KBM di sekolah berjalan dengan baik.

Jika ditemui pelanggaran dan kendala bisa dievaluasi dan dikoordinasikan dengan Satgas Covid-19 tingkat Kota Pekalongan. Tercatat, saat ini sudah ada sekitar 30 sekolah dibawah Dindik dan Kemenag Kota Pekalongan yang telah dikunjungi oleh tim sidak. Kegiatan sidak tersebut akan terus berlanjut ke semua sekolah di Kota Pekalongan.

“Dari hasil sidak selama ini, Alhamdulillah penerapan PPKM dalam KBM di sekolah negeri sebagian besar sudah melaksanakan dengan baik. Namun di sekolah swasta masih cenderung belum maksimal, sehingga ini yang menjadi sebuah evaluasi. Kami tetap akan rutin ke sekolah-sekolah karena masih ada beberapa sekolah yang belum dikunjungi dan dilakukan pengawasan langsung,” tutur Agust, Kamis (24/2/2022).

Agust menilai, kegiatan sidak ke sekolah dalam penerapan PPKM khususnya terkait pengawasan kepatuhan sekolah menjalankan protokol kesehatan (prokes) ini dinilai cukup efektif. Pasalnya, dengan memberikan pengarahan dan penyuluhan secara langsung, warga sekolah akan bisa memahami atas apa yang sudah dilakukan masing-masing sekolahnya itu sudah memenuhi standar prokes atau belum.