Gerakan Pilah Sampah jadi Rupiah

oleh -
BANK SAMPAH - BSU Jalin Setia Desa Rowokembu Kecamatan Wonopringgo keliling kampung ambil sampah di rumah warga untuk tabungan di bank sampah.

*BSU Jalin Setia Keliling Kampung Ambil Sampah Untuk Tabungan

WONOPRINGGO – Edukasi pengelolaan sampah kepada masyarakat, utamanya di perkotaan sangatlah penting. Pasalnya, salah satu permasalahan yang cukup pelik di perkotaan adalah soal pengelolaan sampah.

Merespon masalah tersebut, Pemerintah Desa Rowokembu, Kecamatan Wonopringgo sejak 20 November 2020 mendirikan Bank sampah Unit (BSU).

BSU yang diberinama Jalin Setia ini berkomitmen mengedukasi masyarakat agar paham cara mengelola sampah, baik organik maupun anorganik. Salah satu kegiatannya adalah setiap tiga minggu sekali berkeliling desa mengambil sampah ke rumah-rumah warga, untuk kemudian dicatat sebagai tabungan yang dapat dicairkan menjelang lebaran Idul Fitri.

Dibantu oleh relawan dari IPNU IPPNU, BSU Jalin Setia secara rutin mengedukasi masyarakat Desa Rowokembu agar lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah, yaitu memilah sampah agar lebih bermanfaat atau dapat menghasilkan rupiah dan dapat membantu perekonomian keluarga.

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022, yang jatuh pada 21 Februari lalu, BSU Jalin Setia mengadakan kegiatan gerakan pilah sampah dari rumah dengan tagline “Ayo rubah sampah menjadi rupiah melalui bank sampah”, Minggu (20/2/2022). Masyarakat dapat menukar sampah atom dengan telur. Masyarakat dapat menukar setiap 1/2 kg sampah atom dengan 1/4 kg telur, demikian kelipatannya.